Lemahkan Semangat Dokter, Alasan IDI Bali Laporkan Jerinx

Ketua IDI Bali menyebut postingan Jerinx di media sosial bisa menurunkan semangat tenaga medis dalam penanganan Covid-19.
Ketua IDI Bali, Putra Suteja hadir menjadi saksi persidangan Jerinx di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa, 13 Oktober 2020. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

Denpasar - Pengadilan Negeri Denpasar kembali menggelar sidang kasus dugaan ujaran kebencian dilakukan I Gede Ari Astina alias Jerinx, Selasa, 13 Oktober 2020. Sidang yang digelar secara tatap muka tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yakni Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali, Putra Suteja.

Dalam persidangan, Putra Suteja mengungkapkan alasan profesinya melaporkan Jerinx ke Kepolisian Daerah Bali atas unggahan yang menyebut IDI Kacung WHO. Putra mengaku alasan IDI melaporkan Jerinx karena menjaga marwah organisasi yang menaungi para dokter.

Kalimatnya (postingan IDI kacung WHO) sangat tidak baik.

"Jangan ada yang melemahkan profesi dokter saat pandemi Covid seperti sekarang ini," ujarnya di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar.

Baca juga:

Putra juga menyampaikan penilaian sosok Jerinx sebagai orang baik. Hanya saja, postinganya yang dianggap merendahkan IDI di tengah pandemi Covid-19.

"Kalimatnya (postingan IDI kacung WHO) sangat tidak baik. Itu bisa melemahkan dokter saat memberikan pelayanan kesehatan, padahal mereka sudah bekerja sekuat tenaga," tuturnya.

Selain itu, ujar Putra, akibat postingan Jerinx membuat masyarakat berpotensi tidak percaya akan penanganan Covid-19, khususnya di Bali.

"Postingannya menuduh ini itu dan perkataannya membuat masyarakat tidak percaya kepada tenaga medis yang ada di lapangan," ucapnya.

Dalam kasus tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Jerinx melanggar Pasal 28 ayat (2) UU ITE juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. [] 

Berita terkait
Eksepsi Jerinx Sebut Dakwaan JPU Cacat Prosedur
Selain meminta majelis hakim menolak dakwaan JPU, kuasa hukum Jerinx juga menyampaikan permohonan penangguhan penahanan kepada majelis hakim.
Alasan Polresta Denpasar Bubarkan Demo Dukung Jerinx
Polresta Denpasar membubarkan demo dukung Jerinx saat sidang di Pengadilan Negeri karena tidak memiliki izin dan melanggar protokol kesehatan.
Bersurat ke MA, Jerinx Tetap Ngotot Tolak Sidang Daring
Sidang kedua Jerinx tetap dilakukan secara daring meski drummer SID tetap menolak meski sudah mengajukan permohonan ke MA untuk sidang tatap muka.
0
Eksperimen di Jerman Terima Uang Tanpa Harus Bekerja
Dapat gaji bulanan tanpa harus bekerja, sebuah eksperimen Jerman ingin dobrak anggapan yang salah kaprah