Layanan Serang Siaga Telah Menerima Puluhan Ribu Panggilan

Serang Siaga memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam penanganan keadaan gawat darurat atau emergency secara terpadu
Serang Siaga 112 merupakan layanan kegawadaruratan Kota Serang (Foto:Tagar/Humas Kota Serang)

Serang - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang, W. Hari Pamungkas memnyampaikan bahwa layanan Serang siaga telah menerima puluhan ribu panggilan. Tepatnya sebanyak 33.196 panggilan agent terhitung dari bulan Januari hingga November.

Serang Siaga 112 merupakan layanan kegawadaruratan. Memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam penanganan keadaan gawat darurat (emergency) secara terpadu. Melalui pengintegrasian layanan kegawatdaruratan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Unit Pelaksanan Teknis (UPT), Instansi Pemerintah dan Instansi terkait lainnya. 

Adapun tujuan dari layanan serang siaga 112 ini adalah membentuk sistem pusat panggilan darurat yang terpadu, mempermudah masyarakat dalam penanggulangan keadaan darurat, mempercepat penanggulangan keadaan darurat dan mempermudah koordinasi antar instansi.

"Kami berharap masyarakat bijak dalam menggunakan layanan 112 ini, jangan untuk main-main, karena ini layanan kegawadaruratan," kata W. Hari Pamungkas selaku penanggung jawab layanan tersebut. 

Diketahui, dari 33.196 panggilan, sebanyak 27.485 panggilan terjawab dan terlayani sesuai prosedur. Selabihnya berupa panggilan prank, ghost atau larangan. 

Layanan untuk masyarakat tersebut berisifat bebas pulsa sehingga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Serang dalam menginformasikan kejadian disekitar. Misalnya ada kecelakaan, kebakaran, butuh ambulans, tindak kejahatan, hewan buas yang membahayakan jiwa seseorang, hingga penanganan Covid-19 di Kota Serang. 

Dariberagamnya jenis panggilan yang masuk, disimpulkan sebagian masyarakat belum bisa membedakan dimana panggilan yang berjenis layanan darurat dan layanan kemanusiaan. 

Oleh sebab itu, pemerintah berharap kerjasama dari segenap elemen yang ada, seperti OPD maupun pejabat vertikal. Untuk sama-sama mensosialisasikan kepada seluruh lapisan warga Kota Serang, mengenai peran fungsi serta prioritas utama dari layanan Serang Siaga. 

Juga diharapkan adanya kritik dan saran untuk membangun dan memperbaiki sistematika serta kinerja layanan Serang Siaga kedepannya. [Adv] 

Baca juga: 

Berita terkait
Wali Kota Serang Apresiasi Penutupan Bhakti TNI KB-Kesehatan
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan terpadu yang dimotori oleh PKK dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat
Wali Kota Serang Tinjau Open Bidding Sekda
Diketahui lima orang aparatur sipil negara (ASN) kota Serang mengikuti kegiatan Open Bidding.
Wali Kota Serang Ingin Benahi Masjid At-Tsauroh Tahun 2021
Pemerintah Kota Serang berkeinginan untuk membenahi Masjid Agung At-Tsauroh pada tahun 2021.