UNTUK INDONESIA
Lantai Kudus City Walk Mulai Dipasang, Selesai Bulan Depan
Proyek Kudus City Walk ditarget selesai bulan depan. Saat ini pelaksana proyek tengah menggarap lantai sisi utara.
Sejumlah pekerja tengah mengerjakan bagian lantai Kudus City Walk, Selasa, 10 November 2020. Proyek pedestrian ala Malioboro itu ditarget selesai awal bulan depan. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Pembangunan Kudus City Walk diproyeksikan selesai bulan depan. Saat ini pembangunan memasuki tahap pemasangan lantai dan ornamen-ornamen pelengkap.

Perwakilan pelaksana proyek pembangujan Kudus City Walk, Aji Joko Laksono mengatakan sejauh ini progres pembangunan masih on the track. Progres pembangunan ditaksir sudah berjalan sekitar 50 persen.

"Pekan ini kami rampungkan pembuatan saluran penangkap, pemasangan note, lantai granit dan ornamen," jelasnya, Rabu, 10 November 2020.

Aji Joko menyebut saat ini pihaknya fokus mengerjakan bagian utara lebih dulu. "Setelah sisi utara selesai, baru kami garap sisi selatannya," ujar dia.

Kami optimis bisa selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

Pembangunan pedestrian sisi utara, lanjutnya, dinilai memakan waktu lebih lama. Sebab pedestrian tersebut memiliki volume yang lebih lebar dan multifungsi.

Layaknya pedestrian di kota-kota besar, sisi utara Kudus City Walk tidak hanya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi pejalan kaki. Kawasan tersebut bakal menjadi wisata baru masyarakat dengan sajian ornamen simbol budaya dan kuliner khas Kudus.

Aji menambahkan, pembangunan proyek tersebut saat ini tengah dikebut pihaknya agar bisa selesai sesuai jadwal. Awal bulan Desember pedestrian ala Malioboro ini ditargetkan rampung.

"Ini progresnya cenderung melebihi. Pasalnya nanti pada minggu-minggu terakhir track-nya akan naik drastis. Karena pemasangan ornamen-ornamen dilakukan diakhir," ujar dia.

Baca lainnya: 

Sejauh ini, tambah Aji, sejumlah kendala yang ditemuinya bisa dikendalikan dan diatasi. Seperti halnya, curah hujan dengan intensitas tinggi yang mulai pekan kemarin mengguyur Kabupaten Kudus. Hingga adanya tiang listrik miring di sekitar lokasi pembangunan.

"Kami optimis bisa selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan," tuturnya.

Diketahui Kudus City Walk dibangun dengan anggaran Rp 14,32 miliar dari APBD Kudus 2020 dengan masa kontrak 110 hari. Pedestrian ramah difabel ini nantinya akan membentang sepanjang 562 meter di Jalan Sunan Kudus. Titik nol mulai dari timur Jembatan Kaligelis hingga barat Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. []

Berita terkait
City Walk di Solo Jadi Lokasi Parkir Kecuali Minggu
Dishub Kota Surakarta memberlakukan uji coba ekstensifikasi ruang parkir di kawasan city walk Solo. Tujuannya menghidupkan ekonomi di tengah kota.
Desember, Kudus Miliki Pedestrian ala Malioboro Yogyakarta
Kudus City Walk ditarget rampung pertengahan Desember mendatang. Pedestian wisata ini akan dikonsep seperti Malioboro Yogyakarta.
45 Hari Lagi Tribune Timur Stadion Wergu Wetan Kudus Rampung
Pembangunan tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus telah mencapai 38 persen. Sesuai kontrak kerja, pembangunan ini akan rampung 45 hari lagi.
0
Lantai Kudus City Walk Mulai Dipasang, Selesai Bulan Depan
Proyek Kudus City Walk ditarget selesai bulan depan. Saat ini pelaksana proyek tengah menggarap lantai sisi utara.