UNTUK INDONESIA
Gudang Mebel Terbakar Hebat di Jepara, Ini Kisaran Kerugian
Kebakaran hebat menghanguskan gudang mebel di Jepara. Ini kisaran kerugian akibat kebakaran tersebut.
Tim pemadaman kebakaran Kabupaten Jepara berusaha jinakkan api yang melalap gudang mebel di Desa Wonorejo, Kecamatan Jepara. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Jepara - Sebuah gudang mebel di RT 02/RW 01 Desa Wonorejo, Kecamatan Jepara terbakar hebat, Selasa, 10 November 2020 sore. Sepuluh kontainer mebel ludes terbakar, pemilik ditaksir merugi hingga Rp 15 miliar.

Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jepara Surono mengatakan gudang mebel yang terbakar itu milik PT Cambium Furni Industri. Jago merah yang mengamuk sejak Selasa sore itu, melalap habis seluruh isi gudang.

Di dalam gudang itu banyak mebel-mebel siap kirim, kami perkirakan senilai Rp 10 miliar. Belum lagi bangunan yang hangus terbakar, ini sekitar Rp 5 miliar. Jadi total sekitar Rp 15 miliar.

"Kami terima laporan adanya kebakaran sekitar pukul 17.45 WIB," ujarnya.

Menurutnya, kebakaran terjadi saat para karyawan sedang lembur di bagian belakang gudang mebel. Kendati begitu, pihaknya belum bisa mengungkapkan dugaan penyebab kebakaran.

Gudang yang berisikan mebel dan bahan-bahan mudah terbakar membuat kobaran api cepat membesar dan cukup sulit dikendalikan. Butuh waktu sekitar tujuh jam lamanya, bagi pihaknya untuk menjinakkan api.

"Kami turunkan sembilan unit mobil damkar untuk memdamkan api. Pukul 23.30 WIB api berhasil kami padamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," terang dia.

Akibat kebakaran ini, pemilik gudang, Soegiarto diduga mengalami kerugian yang sangat fantastis. Surono memperhitungkan, pemilik gudang mebel mengalami kerugian sekitar Rp 15 miliar.

"Semuanya ludes baik isi maupun bangunannya. Di dalam gudang itu banyak mebel-mebel siap kirim, kami perkirakan senilai Rp 10 miliar. Belum lagi bangunan yang hangus terbakar, ini sekitar Rp 5 miliar. Jadi total sekitar Rp 15 miliar," jelasnya.

Terkait dengan penyebab kebakaran, Surono menyatakan masih menungu hasil investigasi. Namun, ganasnya si jago merah itu diduga berasal dari korseleting listrik.

"Untuk penyebabnya masih kita tunggu hasil investigasinya. Dugaan sementara karena korseleting listrik," terang Surono. []

Berita terkait
Penyebab Kebakaran Dapur dan Kandang Milik Warga Kulon Progo
Kebakaran terjadi di Pedukuhan Selo Barat, Kalurahan Hargarejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Api melalap dapur dan kandang milik warga.
Kebakaran di Makassar Diwarnai Perkelahian Dua Warga
Kebakaran di Kota Makassar diwarnai aksi saling pukul antara dua warga yang menjadi korban kebakaran.
Kebakaran Pemukiman Dominasi Kejadian Bencana di Aceh
Selama Oktober 2020, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat kebakaran pemukiman terbanyak di Aceh.
0
Gudang Mebel Terbakar Hebat di Jepara, Ini Kisaran Kerugian
Kebakaran hebat menghanguskan gudang mebel di Jepara. Ini kisaran kerugian akibat kebakaran tersebut.