UNTUK INDONESIA
Kue Tradisional Natal dari Berbagai Belahan Dunia
Perayaan Natal di berbagai dunia sudah mulai menyiapkan aneka kue khas dari masing-masing negara.
Galette des Rois dari Perancis. (Foto: Instagram/@omnomnom.fr)

Jakarta - Tidak terasa, perayaan Natal hanya tinggal menghitung hari saja. Pastinya, Anda umat kristiani sudah terlihat menyiapkan berbagai persiapan mulai dari merencanakan liburan hingga hidangan istimewa untuk menyambut hari kelahiran Yesus Kristus 25 Desember tersebut. 

Mungkin yang menjadi pusat perhatian dan tidak boleh dilupakan adalah sajian khas aneka kue Natal. Tentu berbagai negara juga memiliki beraneka ragam hidangan spesial saat momen perayaan Natal. 

Ingin tahu apa saja aneka kue khas Natal yang ada di belahan dunia ini, berikut Tagar akan berikan ulasannya. 

1. Galette des Rois dari Perancis 

Galette des Rois, PerancisGalette des Rois dari Perancis. (Foto: Instagram/@omnomnom.fr)

Kue ini memiliki tekstur lembut dan renyah dengan isian kacang almond. Rasanya sudah pasti enak dan gurih hingga membuat lidah bergoyang dengan kenikmatan makanan yang satu ini. 

Galette des rois ini memang kue tradisional Perancis yang selalu disajikan setiap tanggal 6 Januari, yaitu hari ke 12 setelah natal. Mengapa harus tanggal tersebut? Karena warga Perancis meyakini bahwa saat itu ada tiga orang bijak yang mengunjungi bayi Yesus . 

Dengan alasan demikian, setiap 6 Januari, mereka selalu menganggap hari suci yang harus dirayakan dengan sajian istimewa seperti galette des rois. Jadi, Anda yang ingin berlibur ke Perancis saat momen natal, jangan lupa mencicipi kue khas Natal negara tersebut. 

2. Stollen Cake dari Jerman

Stollen Cake, JermanStollen Cake dari Jerman. (Foto: Instagram/@katerera)

Jerman sendiri juga punya kue khas tradisional yang selalu ada saat momen Natal. Bagi warga asli negara tersebut, kue ini menjadi makanan spesial karena mereka selalu menyiapkan kudapan yang satu ini untuk menyambut kelahiran Yesus. 

Kue tersebut memiliki rasa manis legit dengan irisan buah-buahan kering di dalamnya. Apalagi, ditambah dengan marzipan atau marsepein. Marzipan ini adalah sejenis permen yang populer di Eropa dan dibuat dari gula dan badam yang dihaluskan. Nah, permen ini dikenal karena rasanya berkarakteristik yang berasal dari badam pahit. 

Stollen yang juga disebut dengan weihnachtsstollen atau christstollen ini konon sudah dibuat sejak abad ke 15. Namun, berkembangnya zaman, kue tersebut semakin memiliki karakter yang khas dan tampilannya terlihat mewah. 

Bahan dari pembuatan kue tersebut terdiri dari terigu, susu yang sudah dicampur ragi, campuran aneka buah kering, gula, telur, mentega, almond cacah,dan kayu manis. Rasanya yang manis dan legit ini akan membuat Anda yang mencicipinya akan merasa ketagihan. 

Anda yang akan mengunjungi negara tersebut, jangan lupa mencicipi kelezatan kue tradisional khas Natal di sana. Makanan ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga dengan segelas kopi atau teh. 

3. Strawberry Cake dari Jepang

Strawberry Cake, JepangStrawberry Cake dari Jepang. (Foto: Instagram/@hiaimisa)

Di Jepang, kue ini sudah pasti ada saat Natal. Strawberry Cake terbuat dari jenis sponge cake vanilla yang dibentuk bulat dan seluruh badan kue tersebut dilumuri dengan butter cream. Lalu, di atas kue itu diberi buah stroberi segar sebagai hiasan. 

Strawberry cake memang dibuat untuk memeriahkan perayaan Natal saja. Kue ini memiliki makna yang begitu mendalam, yaitu betapa masyarakat Jepang sangat menghargai bendera negaranya dan hal itu diwujudkan ke dalam kue stroberi cantik dan lezat. 

Kue ini sudah pasti manis karena sajian topping buah stroberinya. Bahkan makanan yang satu ini memiliki aroma yang khas karena terbuat dari campuran kuning telur, tepung terigu, gula dan vanilla extract. Strawberry cake ini menjadi primadona saat momen Natal di Jepang. 

4. Bolo Rei dari Portugal

Bolo Rei, PortugalBolo Rei dari Portugal. (Foto: www.winnetnews.com)

Bolo Rei  juga kue tradisional Natal yang selalu disajikan saat perayaan Natal di Portugal. Jadi tak heran, jika kue tersebut senantiasa dihidangkan oleh masyarakat di sana hingga tanggal 6 Januari. 

Kue khas natal dari Portugal ini terbuat dari terigu, telur, ragi, mentega, juga susu, kulit jeruk lemon parut, dan kismis. Di bagian atas kue itu ditaburi manisan cherry, kacang almond dan walnut cincang.

Keunikan dari kue tersebut dilihat dari penampilannya yang berbentuk lingkaran dengan lubang di tengah seperti donat dan mirip dengan mahkota. Rasa makanan ini sudah pasti legit dan lezat, serta aromanya harum, sehingga membuat Anda ingin menyantapnya dengan secepat kilat. 

5. Panettone dari Italia

Panettone, ItaliaPanettone dari Italia. (Foto: Instagram/@barbeppesaluzzo)

Jika Anda ingin berlibur ke Italia saat momen Natal, jangan lupa mencicipi roti manis ini. Karena makanan spesial tersebut hanya ada saat perayaan kelahiran Yesus 25 Desember saja. 

Roti manis asal Milan, Italia ini juga dikenal sebagai lambang dari Kota Milan. Panettone terbuat dari mentega, telur, susu, kismis, kulit jeruk yang diparut, dan kacang-kacangan. 

Menariknya, roti tersebut berbentuk seperti kubah dengan tinggi sekitar 30 cm dan diberi potongan kismis yang banyak. Sehingga kue tersebut semakin terlihat menggoda lidah untuk segera melahap kenikmatannya. 

Biasanya, roti ini disantap bersama dengan wine atau kopi, dan minuman manis lainnya. Di Italia sendiri, panettone selalu dinikmati bersama sesendok keju mascarpone. []

Baca juga:

Berita terkait
Kue Tete dan Empat Makanan Unik Khas Indonesia
Makanan yang ada di Indonesia memiliki banyak keunikan, baik dari penampilan hingga penamaannya.
Kue Khas Bantul Ini Bikin Pria Ngilu, Tapi Rasanya Enak
Nama makanan khas bantul Yogyakarta ini terinspirasi dari alat kelamin pria. Namanya, tolpit. Kependekan dari (Kon** kejepit).
Empat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen
Sandhy Sondoro salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Sandy diketahui sempat jadi pengamen di Berlin.
0
Ribuan Hektare Lahan di DAS Jenneberang Gowa Kritis
Belasan ribu lahan di kawasan aliran sungai Jenneberang Gowa kategori kritis dan sangat kritis. Dimana belasan lahan nihil tumbuh-tumbuhan.