UNTUK INDONESIA
Kronologi Salmafina Sunan Hijrah Sampai Pindah Agama
Salmafina Khairunnisa sedang menjadi buah bibir, putri Sunan Kalijaga ini diduga pindah agama. Begini kronologinya.
Kebersamaan Salmafina dengan kedua orang tuanya saat di tanah suci. (Foto: Instagram/salmafinasunan)

Jakarta - Salmafina Khairunnisa sedang menjadi buah bibir, putri Sunan Kalijaga ini diduga pindah agama. Kabar itu diketahui setelah foto Salmafina mengenakan kalung salib tersebar di linimasa. 

Berikut Tagar rangkumkan kronologi perjalanan kontroversial dari perempuan yang akan genap berusia 20 tahun di tanggal 13 Agustus 1999 itu.  

Pernikahan Muda Salmafina dan Taqiyudin Malik

Alma, sapaannya, menikah dengan hafiz Alquran bernama Taqiyudin Malik. Pernikahan pasangan ini sempat menyita perhatian, selain menikah muda, keduanya berasal dari kalangan yang berbeda.

Alma saat menikah baru berusia 18 tahun sedangkan Taqiyudin Malik 20 tahun. Sebelum menikah dengan Taqy, sapaannya, wanita yang rutin melakukan Total div Resistance Exercise (TRX) itu dikenal sebagai remaja kekinian yang tak jauh dari kesan glamor. 

Selebgram Awkarin bahkan dikenal sebagai salah satu teman akrab Alma, mereka berdua sering melakukan  kegiatan bersama, warganet menyebutnya badgirl.

Dalam unggahan Instagramnya, Alma kerap berbelanja barang bermerk. Sempat Sunan Kalijaga memposting foto kebersamaan mereka berdua, saat hendak latihan menembak dan dugem. Sejak Alma memutuskan berhijrah dan mengenakan hijab, semua postingan itu dihapus.

Lihat foto ini: Foto: Saat Salmafina Putri Sunan Kalijaga Berhijab 

Sedangkan Taqy juga bukan orang baru di kalangan milenial. Dia adalah selebgram yang gemar mengunggah video saat melantunkan ayat suci Alquran. Warganet banyak yang memujinya sebagai pribadi yang alim namun gaul. Pria kelahiran Banjarmasin, 17 Juni 1997 itu juga kerap memposting traveling ke gunung, dan jalan-jalan ke pantai.

Alma saat itu mengaku mengidolakan Taqy, karena unggahannya di Instagram. Kemudian ia menyampaikan pesan singkat melalui Direct Message (DM) Instagram, sempat lama tak direspons. Hingga suatu hari mendapatkan respons, setelah itu terjadi percakapan panjang. Disitulah awal keduanya saling tertarik.

Tak berlangsung lama, akhirnya Taqy mengajak Alma bertaaruf. Putri Sunan Kalijaga itu kemudian melakukan salat istikharah dan mendapatkan jawaban dari doanya. Dia kemudian menyampaikan kepada ayahnya mengenai rencana Taqy untuk mengkhitbahnya (melamar).

Sunan Kalijaga menyambut hangat rencana Alma dan Taqy untuk menikah muda. Dua pekan kemudian, pada 16 September 2017 keduanya melangsungkan akad di Masjid Ramlie Musofa, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Pernikahan Alma dan Taqy mendapatkan pujian dari warganet. Banyak yang mengagumi keberanian pasangan ini untuk menikah muda, dan mendoakan lewat akun Instagram mereka.

Taqy Melanjutkan Study di Mesir

Berselang lima hari setelah menikah, Taqy terpaksa meninggalkannya ke Mesir untuk melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo. Alma yang mengantar kepergiannya di Bandara Soekarno-Hatta, terlihat mengenakan gamis merah dipadukan dengan kerudung lebar warna putih.

Baca juga: Salmafina Tutup Akses Komunikasi Sunan Kalijaga

Berselang seminggu dari kepergian suaminya, Alma menghapus foto pernikahan dengan Taqy. Dia juga mengunggah curhatan di Instagram story-nya yang bernada galau.

Kata orang, jodoh itu cerminan. Pernah mikir nggak kalian kalau menurut kalian saya itu gabaik, apa kabar dengan dirinya? Sayangnya ketutupan profile yang bagus, kalau tau mah........SEDIH

Sementara Taqy juga mengunggah Instagram Story dengan foto suasana masjid di Kairo. Dia menulis curhatan.

masalah itu akan menjadi besar tergantung kita ngadunga ke siapa? Kalo ngadunya ke Allah, ga usah khawatir, aman dan jaminannya.

Kalo ngadunya ke makhluknya, yaudah Allah bakalan cemburu dan bakal memperberat masalah itu.

Taqy Menjatuhkan Talak

Pernikahan pasangan Alma dan Taqy hanya bertahan seumur jagung. Perceraian keduanya membuat publik terkejut, sebab kabarnya talak dijatuhkan tidak secara langsung di hadapan istrinya.

Baca juga: Fakta Penikahan Salmafina Sunan Kalijaga dan Taqy Malik

Sontak Sunan Kalijaga meradang, mengetahui menantunya tega menjatuhkan talak cerai melalui telepon. Alasannya Taqy sedang tidak berada di Indonesia. Kekesalannya itu kemudian dimuntahkan melalui postingan bernada emosi, karena mengetahui anaknya dijatuhi talak dengan cara yang tak pantas.

Salmafina jatuh sakit tetapi Taqy tak kunjung datang menjenguk. Akhirnya pernikahan itu bertahan hanya dua bulan, sementara pasangan itu hanya bersama selama empat hari setelah menikah.

Diketahui, Taqy dan Alma baru kenal selama dua minggu. Bahkan mereka berdua belum pernah bertemu langsung, hingga memutuskan untuk bicara pada keluarga masing-masing

Salmafina Ketahuan Dugem

Setelah bercerai dari Taqy, Alma terlihat di publik tanpa hijab yang menutupi kepalanya. Meskipun mendapat banyak komentar miring dari warganet, ia tetap bertahan pada keputusannya membuka hijab hingga saat ini.

Setelah melepas hijab, kehidupan Salmafina terlihat lebih glamor dan bebas. Ia sempat mengunggah kebersamaannya bersama teman-temannya bersantai di klub malam. 

Beberapa waktu lalu sempat beredar video yang memperlihatkan Alma tengah mabuk dengan pakaian minim di sebuah klub malam.

Video yang awalnya diunggah oleh salah satu teman Alma ini sempat dilaporkan ke polisi oleh Sunan Kalijaga atas dasar pencemaran nama baik. 

Teman Alma yang mengunggah video tersebut akhirnya meminta maaf melalui unggahan di media sosial pribadi.

Salmafina Diduga Pindah Agama

Salmafina dikabarkan beralih keyakinan setelah sebuah video menunjukkan ia memakai kalung salib sambil memegang sebuah buku.

Kabar ini langsung menyebar luas dan menjadi bahan perbincangan di media sosial. Dalam video tersebut, putri Sunan Kalijaga itu terlihat sedang berada di acara kebaktian.

Menanggapi isu yang dialamatkan kepada putrinya, Sunan Kalijaga membantah kabar sensitif itu kepada awak media, Rabu, 10 Juli 2019.

Pembelaan Sunan Kalijaga bertolak belakang dengan aktivitas Salmafina yang berhasil diungkap media. Alma terlihat beribadah di Jakarta Praise Community Curch (JPCC), Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu, 14 Juli 2019.

Tak lama kemudian ia memposting pernyataannya di InstaStory Instagram, meminta tidak menyalahkan orangtuanya terkait pilihannya. 

Saya cuma mau bilang, jangan salahkan orang lain apa lagi orang tua saya atas keputusan saya. Kesuksesan orangtua tak bisa diukur dari apakah anak-anaknya bertahan pada kepercayaan yang dianutnya.

Salmafina menambahkan, segala keputusannya diambil karena pergulatan batin. Tidak ada orang bagaimana ia bisa mengubah keyakinan. Sehingga orang-orang tidak layak melakukan penghakiman.

Baca juga: Salmafina Sunan Pindah Agama Dibantah Ayahnya

"Sekian banyak banyak orang yang menghakimi, belum tentu mereka tahu bagaimana pergulatan saya. Kebanyakan hanya bisa melihat kuman di seberang lautan, tanpa bisa melihat gajah yang berada di pelupuk mata," ucap dia.

Salmafina juga berharap hubungannya dengan kedua orangtuanya bisa pulih. Karena ia percaya bahwa Tuhan akan membantu mendapat hubungan yang positif. 

"Percayalah bahwa hubunganmu akan membaik," ujar dia.[]

Berita terkait
0
Wisata Bali Dihantam Pasal Zina dan Kriminalitas
Sebagai tujuan utama wisatawan dunia kini Bali menghadapi ketakutan yaitu kriminalitas dan kejahatan seksual yang bisa membuat wisata Bali terpuruk