Indonesia
Kronologi Hoaks Cacar Monyet Tewaskan Anggota TNI
Beredar lewat pesan singkat WhatsApp, hoaks anggota TNI meninggal akibat cacar monyet. ini kronologi.
Ilustrasi. (Foto: Antara)

Jakarta - Beredar lewat pesan singkat WhatsApp, hoaks anggota TNI meninggal akibat cacar monyet di RSPAD Gatot Subroto.

Di foto tersebut, terlihat seorang pria dengan kondisi terbaring di rumah sakit. Tampak bintik-bintik merah pada sekujur tubuh. Foto tersebut dilengkapi identitas korban atas nama Supran Sida dengan pangkat Sersan Dua (Serda). Sayangnya, saat berita ini diturunkan foto tersebut sudah dihapus pemiliknya.

"Telah meninggal dunia saudara Supran Sida di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta," tulis pengunggah konten Neviardi Nadirsyah.

Cacar MonyetBeredar lewat pesan singkat WhatsApp, hoaks anggota TNI meninggal akibat cacar monyet. (Foto: Istimewa)

Dalam pesan singkat itu juga dikatakan, jika penyebab kematian Supran karena terjangkit penyakit cacar monyet (monkeypox) yakni, penyakit berbahaya yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan.

Konten itu telah dibagikan sebanyak 4.818 kali dan mendapat 79 komentar warganet.

Mendengar kabar itu, Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto dr Terawan Agus Putranto membantah informasi yang menyebutkan seorang anggota TNI meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, akibat penyakit cacar monyet atau monkeypox.

"Informasi itu hoaks," ujar Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto dr Terawan Agus Putranto di Jakarta, Minggu 19 Mei 2019.

Sementara Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Sisriadi menegaskan, sumber sengaja mencatut nama anggota TNI dan narasi yang dibangun seakan-akan bertujuan menakut-nakuti. Narasi yang dibangun juga tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. []

 Baca juga: 

Berita terkait
0
Seknas Jokowi Kecam Keras Pernyataan Abdul Somad
Sekjen Seknas Jokowi Dedy Mawardi mengecam keras pernyataan Ustad Abdul Somad mengenai salib dan jin kafir karena melecehkan simbol agama lain.