UNTUK INDONESIA
Kronologi Andrea Dian Positif Terinfeksi Corona
Andrea Dian menceritakan kronologi awal positif terinfeksi virus Corona.
Andrea Dian ceritakan kronologi dirinya positif terinfeksi Corona. (Foto: Instagram/andreadianbimo)

Jakarta - Artis Andrea Dian saat ini tengah menjalani proses pemulihan di kamar isolasi salah satu rumah sakit yang di rujuk pemerintah, menyusul hasil diagnosa yang memastikan ia positif terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Melalui akun Instagram pribadinya, Andrea Dian mengumumkan kondisinya itu lewat sebuah unggahan foto saat tengah berada di dalam sebuah ruangan di rumah sakit. Lewat unggahan itu pula, ia menceritakan kronologi awal terjangkit Covid-19.

Mulanya, istri Ganindra Bimo itu mengatakan jika dirinya mulai merasa kurang enak badan sejak Jumat, 13 Maret 2020. Lantaran itu, ia memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit swasta.

Dalam diagnosis awal, ia dinyatakan terkena penyakit demam berdarah dan menjalani rawat inap hingga merasa lebih baik pada tanggal 15 Maret 2020.

Andrea DianAndrea Dian beberkan kondisi kamar tempat dia dirawat. (Foto: Instagram/andreandianbimo)

Namun, setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, ia mendapati ada beberapa gejala tidak wajar pada organ paru-parunya dan langsung melakukan tes virus corona.

"Awalnya aku demam tanggal 13 Maret dan langsung dibawa ke RS Swasta. Di sana aku didiagnosis Demam Berdarah dan langsung opname. Tanggal 15 aku udah mulai fit. Tapi karena khawatir aku diminta untuk cek thorax. Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negative. Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak," tulis Andrea Dian dalam keterangan foto tersebut.

Kemudian Rabu, 18 Maret 2020 hasil tes keluar yang menyatakan dirinya positif terinfeksi virus Corona. Sejak saat itu ia langsung mendapat rujukan rumah sakit untuk isolasi diri dari pemerintah.

"Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif Covid-19. Malem itu juga aku dipindahkan ke RS yang dirujuk pemeritah untuk aku diisolasi," ujar Dian.

Andrea Dian juga sempat membagikan situasi kamar isolasi tempat dia dirawat bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi yang berbeda.

"Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku. Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda," tulis Dian.

Ia mengaku kondisi kesehatannya lebih baik dibanding pasien positif virus Corona lainnya satu kamar dengannya dirawat.

"Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun. Tapi di ruangan ini beberapa temen tidak dengan kondisi sebaik aku," ujarnya.

Selama perawatan, Andrea merasa nyaman lantaran perawat dan dokter menjalankan tugas dengan ramah dan sangat membantu para pasien. Namun, dia mengaku kasihan melihat tim medis yang kewalahan menghadapi banyaknya pasien.

"Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu. Tapi aku lihat sendiri bagaimana mereka sangat kuwalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect," katanya lagi.

Selain itu, ia juga mendapat fasilitas dan kamar yang layak dibanding orang di luar sana yang masih ada tidur di bangsal bahkan kontainer.

"Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner," ucap bintang FTV itu.

Tak lupa ia mengingatkan teman-teman dan siapun yang belum lama bertemu dengan dia agar periksa untuk berjaga-jaga.

"Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang-orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan - tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar. Don’t worry, I’m okay," tuturnya.

Ia juga meminyta kepada pihak yang berwenang bila membaca pesan itu agar memberikan bantuan fasilitas untuk penanganan Covid-19 yang masih kurang dibanding pasien yang selalu bertambah setiap harinya.

"Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penangan pasien yang diisolasi seperti hal – hal dasar; sanitizer, tissue, sabun, air minum, kami kekurangan. Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas," tuturnya.

Membaca unggahannya itu sejumlah selebriti Tanah Air turut meninggalkan komentar mendoakan perempuan bernama asli Andrea Dian Indria Sari Setiawan tersebut.

"Ndreeee!! Cepat sembuh!! Kamu dan @ganindrabimo tetap kuat yaa.. kalian berdua pasti bisa lewatin ini!" kata akun @vaelovexia.

"Get well soon kakaaa, semangattt," ujar @salshabillaadr.

"GWS!!! Smoga pihak terkait baca dan segera ada tindakan biar pasien dan tenaga medis mendapat apa apa yg dibutuhkan," kata @babecabiita.

"get well soon andrea... trimakasih jg udah berbagi cerita keadaan dsana standing for para petugas medis dan pasien yang lain," tutur @atiqahhasiholan.



Berita terkait
Andrea Dian Ungkap Keadaan Kamar Isolasi di RS
Andrea Dian positif corona Covid-19, diisolasi di rumah sakit. Ia cerita keadaan kamar isolasinya, juga keadaan pasien lain yang tidak beruntung.
Andrea Dian Positif Corona, Rekan Artis Beri Dukungan
Sejumlah rekan artis memberikan dukungan serta semangat kepada Andrea Dian yang mengaku positif terinfeksi virus corona atau Covid-19).
Andrea Dian, Artis Indonesia Kedua Positif Corona
Aktris Andrea Dian, menjadi orang kedua yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di kalangan artis Indonesia.
0
Mantan Jaksa Agung MA Rachman Meninggal Dunia
Mantan Jaksa Agung periode 2001-2004, MA Rachman meninggal dunia pada Selasa, 24 Maret 2020.