UNTUK INDONESIA
Komisi X DPR RI Kunjungi Papua Cek Venue PON XX
Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengunjungi Jayapura, Papua, guna memastikan kesiapan Bumi Cenderawasih jadi tuan rumah PON XX
Rombongan Komisi X DPR RI mendengarkan laporan perkembangan kesiapan PON XX Papua, Jumat 21 Februari 2020. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Indonesia mengunjungi Jayapura, Papua, Jumat, 21 Februari 2020. Kunjungan kali ini untuk beraudiensi dengan pemerintah setempat serta PB PON XX guna memastikan kesiapan Bumi Cenderawasih jadi tuan rumah.

Dalam pertemuan itu, sejumlah pihak terkait meyampaikan capaian persiapan PON Papua sebagai tuan rumah. Mulai dari kesiapan venue, akomodasi dan konsumsi, transportasi, kesehatan, serta keamanan.

Setelah pemaparan tadi, kami melihat beberapa venue PON yang dibiayai APBN dan APBD progresnya rata-rata sudah 80 persen.

Antaralain, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Heri Dosinaen, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Alex Kapisa, dan Ketua Harian PB PON XX Yunus Wonda.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyambut hangat laporan dari masing-masing pihak yan terlibat dalam penyelenggaraan PON. Ia memandang seluruh venue yang akan digunakan dalam PON di Papua, bisa rampung 100 persen, pada Juli 2020 mendatang.

Fikri memastikan jika pihaknya akan lebih intens berkoordinasi dengan pemerintah serta PB PON XX, demi suksesnya pesta  pesta olahraga empat tahunan itu.

“Setelah pemaparan tadi, kami melihat beberapa venue PON yang dibiayai APBN dan APBD progresnya rata-rata sudah 80 persen. Sesuai jadwal, seluruhnya diperkirakan rampung pada Juli 2020 mendatang. Ini akan kami pantau dan diskusikan setelah kembali ke Jakarta,” kata Firki yang didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf, dalam pertemuan yang digelar di Hotel Horison Abepura, Kota Jayapura.

Dia pun berharap agar PON 2020 ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, serta mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan untuk pengelolaan dan perawatan  venue, pasca PON nanti.

“Kami akan datang lagi memantaui persiapan PON saat test event dilaksanakan pada Juli atau Agustus nanti. Jalan akses menuju venue perlu diperbaiki setelah venue selesai dibangun,” pesannya.

Ketua Harian Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PBPON) XX, Yunus Wonda mengakui jika kunjungan Komisi X DPR RI menambah keyakinan pihaknya akan suksesnya peenyelenggaraan PON, yang akan digelar pada 22 Oktober sampai 2 November 2020 mendatang.

Dukungan dari DPR RI, kata dia, sebagai cerminan pemerintah pusat dalam membantu Papua mensukseskan PON.

“Dalam pertemuan tadi, Komisi X DPR RI telah membentuk Panitia PON XX. Secara otomatis mereka akan terus mengecek kesiapan kita sebagai tuan rumah. Untuk itu Papua harus terus bergerak maju,” kata Wonda seraya mengajak media dan seluruh masyarakat menggaungkan penyelenggaraan PON 2020. []

Berita terkait
Legislator Papua Sebut Gaung PON XX Belum Gencar
DPR Papua mendorong pemerintah agar lebih gencar mempublikasikan informasi terkait PON XXX yang dihelat pada 22 Oktober 2020 mendatang.
Pembangunan Venue PON XX Papua Sesuai Jadwal
KONI, Marciano Norman memastikan pembangunan venue PON, tiga cluster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Timika, serta Merauke selesai tepat waktu.
Kemenpora Optimis Venue PON XX Rampung 3 Bulan Lagi
Kementrian Pemuda dan Olahraga optimis venue untuk PON XX di Papua rambung dalam tiga bulan kedepan.
0
Achmad Yurianto: Gejala Corona Tak Terdeteksi Alat
Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan seseorang yang positif Corona belum tentu menunjukkan gejala seperti batuk dan flu.