UNTUK INDONESIA
Pembangunan Venue PON XX Papua Sesuai Jadwal
KONI, Marciano Norman memastikan pembangunan venue PON, tiga cluster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Timika, serta Merauke selesai tepat waktu.
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman (depan) meninjau salah satu venue PON XX di Jayapura, Rabu 12 Februari 2020. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman memastikan pembangunan venue PON XX di tiga cluster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Timika, serta Merauke akan selesai tepat waktu. Ini setelah Ia bersama rombongan meninjau sejumlah venue di Jayapura, Papua, Rabu 12 Februari 2020.

Setibanya di Jayapura, Marciano meninjau sejumlah venue yang masih dalam pembangunan serta yang telah selesai, antara lain venue Baseball dan Softball di kawasan AURI Sentani, Kabupaten Jayapura.

Untuk lapangan futsall saya rasa sudah siap 100 persen.

Selanjutnya, rombongan bergeser ke lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih di Distrik Abepura, lapangan Tenis di komplek Kantor Walikota Jayapura, dan venue Kempo dan Pencak Silat di Balai Latihan Kesehatan, Kota Jayapura.

“Untuk lapangan futsall saya rasa sudah siap 100 persen. Dari beberapa venue yang kita tinjau tadi seperti Baseball, lapangan bola dan Tenis progresnya saya rasa akan selesai sesuai jadwal,” kata Marciano kepada sejumlah wartawan, Rabu siang.

Dia memastikan jika lapangan Tenis akan selesai pada Mei 2020. Sementara Baseball dan Softball rampung pada Juni 2020 mendatang. KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun akan meningkatkan pemantauan pembangunan seluruh venue PON XX Papua, hingga tuntas tepat waktu.

“Kami bersama Kemenpora juga akan intens meninjau pembangunan venue, hingga semuanya selesai tepat waktu. Tujuannya, agar kita tidak mendapatkan masalah saat PON XX berlangsung. Semuanya harus berjalan sesuai jadwal,” jelasnya.

Marciano berharap agar seluruh venue yang dibangun di tiga cluster, pasca PON XX, bisa dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Papua untuk berbagai event. Sehingga Bumi Cenderawasih bisa melahirkan banyak atlet-atlet berkualitas yang akan mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Kita lihat venue-venue yang dibangun sekarang ini tidak dengan dana sedikit. Karenanya sebagai pembina olahraga, kami mengaharapkan Papua bisa melahirkan para atlet berprestasi lewat venue yang dibangun dengan dana sangat besar ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Pusat serta rombongan melakukan peninjauan venue PON di Timika, Kabupaten Mimika. Dua venue dikunjungi yakni Mimika Sport Center dan Lapangan Futsal. []

Berita terkait
Kemenpora Optimis Venue PON XX Rampung 3 Bulan Lagi
Kementrian Pemuda dan Olahraga optimis venue untuk PON XX di Papua rambung dalam tiga bulan kedepan.
Papua Jamin Keamanan Saat PON XX
Pemerintah dan lapisan masyarakat seluruh Indonesia diminta jangan khawatir terkait keamanan di PAPUA saat PON ke XX Oktober mendatang
Aquatik dan Istora PON Papua Rampung Lebih Cepat
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan dua venue PON yakni aquatik dan istora rampung lebih cepat.
0
Kendaraan Niaga yang Aman Jadi Fokus GIICOMVEC 2020
Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) 2020 akan digelar selama empat hari, mulai dari 5-8 Maret 2020.