Ketua DPRD Sumbar Dukung Rencana Tol di Dharmasraya

Ketua DPRD Sumbar mendukung ide pembangunan jalan tol di Dharmasraya. Syaratnya tentu tidak menimbulkan masalah dengan masyarakat.
Ketua DPRD Sumbar Supardi. (Foto: Tagar/Dok.Istimewa)

Padang - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mendukung ide pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Dharmasraya ke jalur tol Trans Sumatera ruas Padang - Pekanbaru.

Persoalan baru maksudnya seperti pembebasan lahan, lahan produktif, pemukiman warga dan lainnnya, selagi tidak berpengaruh maka itu cukup bagus idenya.

Rencana pembangunan tol tersebut juga telah disetujui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berdasarkan usulan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Menurut Supardi, ide itu sebuah langkah kemajuan bagi daerah. Namun jangan sampai menjadi persoalan baru di tengah-tengah masyarakat.

"Persoalan baru maksudnya seperti pembebasan lahan, lahan produktif, pemukiman warga dan lainnnya, selagi tidak berpengaruh maka itu cukup bagus idenya," katanya kepada wartawan, Kamis, 8 Oktober 2020.

Pembangunan tol juga akan melancarkan transportasi ke arah bagian selatan Sumbar. Selain itu, akan berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat, terutama bagi daerah Dharmasraya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumbar dapat mendukung rencana tersebut, tentu sesuai dengan kewenangan. Sedangkan soal anggaran tentu bersumber dari pusat. "Pemprov harus memfasilitasi komunikasi dengan berbagai pihak dan terbuka dengan ide ini," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan pemerintah provinsi mendukung ide Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terkait pembangunan pintu tol dari Kabupaten Dharmasraya menuju Tol Padang-Pekanbaru. Ide itu juga tergantung dengan pemerintah pusat. []

Berita terkait
Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar Kompak Tolak UU Ciptaker
Gubernur dan Ketua DPRD Sumatera Barat menolak UU Cipta Kerja yang telah disahkan DPR RI.
Bawaslu Sumbar Rekrut 12.532 Pengawas TPS, Ini Syaratnya
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat bakal merekrut sebanyak 12.532 Pengawas TPS untuk Pilkada 2020.
Mahasiswa Sumbar Sebut UU Ciptaker Dipengaruhi Investor
Aktivis PMII Kota Padang menyebut pengesahan UU Cipta Kerja dipengaruhi pihak investor.
0
Amerika Kutuk Penutupan Museum Tiananmen di Hong Kong
Amerika mengutuk upaya Hong Kong untuk menghapus sejarah pembantaian Lapangan Tiananmen dengan menutup museum