UNTUK INDONESIA
Ketua DPR Harap Indonesia - Turki Kerja Sama Vaksin
Ketua DPR Puan Maharani berharap di tengah pandemi Covid-19 ini Indonesia bekerja sama dengan Turki kembangkan dan produksi vaksin virus corona.
Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani (foto: Antara/Ist).

Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani berharap di tengah pandemi Covid-19 ini Indonesia bisa menjalin kerja sama bersama Turki dalam pengadaan obat dan vaksin virus corona jenis baru tersebut. Ia ingin hal ini bisa segera terwujud.

Harapan Puan disampaikan usai berbicara bersama ketua parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey) Mustafa Sentop, melalui sambungan telepon.

Turki siap membantu penanganan pandemi Covid-19 termasuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan

“Saya mendengar Menteri Riset dan Teknologi Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Tekhnologi dan Industri Turki membahas pengembangan obat dan vaksin Covid-19. Semoga kerjasama ini berhasil dan kita akan mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi (penemuan obat dan vaksin Covid-19),” kata Puan dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Selasa, 4 Agustus 2020.

Baca juga: Puan Maharani ke Jokowi: Hati-hati Longgarkan PSBB

Puan menginginkan agar parlemen Turki bisa turut mendorong kerja sama tersebut agar obat dan vaksin Covid-19 segera ditemukan dan diproduksi, mengingat pandemi Covid-19 masih terus merajalela.

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu menyatakan penanganan Covid-19 antar kedua negara tersebut menjadi salah satu materi yang dibahas melalui courtesy call antara dirinya dan Mustafa Sentop.

“Turki siap membantu penanganan pandemi Covid-19 termasuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan,” jawab Mustafa Sentop.

Baca juga: Kata Puan Maharani Soal Suap KPU dan Harun Masiku

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Minggu sore, 2 Agustus 2020.

Dalam percakapan hari itu, Presiden Jokowi menyambut baik adanya peningkatan kerja sama kedua negara, termasuk adanya kemungkinan kerja sama dalam penanganan Covid-19.

“Saya memahami, Turki berada dalam tahap lanjut untuk pengembangan vaksin. Saya senang mendengar kedua Menteri Riset dan Teknologi kita telah membahas kemungkinan kerja sama dalam hal ini,” ucap Jokowi.

Hal lainnya yang juga disampaikan Jokowi, yaitu terkait harapannya, jika nanti dalam kunjungan Presiden Erdogan ke Indonesia, berbagai kerja sama konkret bilateral yang tengah dibahas para menteri dari kedua negara dapat terealisasi.

“Saya harap dalam kunjungan Yang Mulia ke Indonesia, kita dapat meluncurkan proyek-proyek konkret tersebut,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. []

Berita terkait
Undip Catat Sejarah di Honoris Causa Puan Maharani
Pemberian honoris causa ke Puan Maharani menyimpan cerita tersendiri bagi Undip Semarang. Apa itu?
Puan Maharani Sesenggukan Terima Honoris Causa Undip
Undip menganugerahkan honoris causa ke Puan Maharani. Apa pertimbangan Undip?
Puan Maharani dan Sri Sultan Bahas Klitih Yogyakarta
Ketua DPR RI Puan Maharani menemui Gubenur DIY Sri Sultan HB X. Salah satu yang menjadi pembahasan mengenai kenakalan pelajar atau klitih.
0
Ketua DPR Harap Indonesia - Turki Kerja Sama Vaksin
Ketua DPR Puan Maharani berharap di tengah pandemi Covid-19 ini Indonesia bekerja sama dengan Turki kembangkan dan produksi vaksin virus corona.