UNTUK INDONESIA
Ketiga Kalinya, Hutan di Dairi Kembali Terbakar
Kebakaran hutan kembali terjadi di kawasan hutan di perbukitan Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.
Kawasan hutan perbukitan Danau Toba di Dusun Ruma Tanggal, Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, terbakar, Minggu 22 September 2019. (Foto: Tagar/Istimewa).

Dairi - Kebakaran hutan kembali terjadi di kawasan hutan di perbukitan Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, Minggu 22 September 2019. Hingga pukul 19.30 WIB, api belum berhasil dipadamkan.

Si jago merah melahap perbukitan kawasan Danau Toba, tepatnya di Dusun Ruma Tanggal Desa Silalahi III.

Demikian informasi diterima Tagar dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, Bahagia Ginting, meneruskan informasi Satgas BPBD di lokasi kejadian, Januar Silalahi.

"Kondisi sementara, ditaksasi hutan dan lahan hangus terbakar tiga hektare. Api belum dapat dipadamkan hingga saat ini. Sulitnya pemadaman karena medan yang sangat terjal dan curam," kata Bahagia.

Benar, hingga malam ini, api belum dapat dipadamkan. Medannya sangat curam dan terjal

Ditambahkan, awal kebakaran sekitar pukul 17.40 WIB. Saat ini upaya pemadaman masih dilakukan. Menggunakan peralatan seadanya.

"Menggunakan peralatan seadanya, seperti ranting dan pompa gendong. BPBD, Manggala Adni Daops Sibolangit, kepolisian serta masyarakat setempat, masih mengupayakan pemadaman di lokasi saat ini," tambahnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Dairi Ipda Donny Saleh dikonfirmasi lewat sambungan ponsel, membenarkan kejadian itu.

"Benar, hingga malam ini, api belum dapat dipadamkan. Medannya sangat curam dan terjal. Pihak kita dari Polsek Sumbul masih di lapangan, membantu upaya pemadaman," kata Donny.

Ditambahkan, sumber api belum diketahui. Kawasan yang terbakar, sekitar dua hektare dan kemungkinan masih bertambah, karena api masih menyala.

Kebakaran ini, adalah yang ketiga kalinya pada September 2019. Sebelumnya, terjadi di Dusun Sinongnong, Desa Silalahi II, Kamis 12 September 2019.

Disusul kemudian, kawasan hutan di Dusun I, Desa Silalahi III, Rabu 18 September 2019.[]

Berita terkait
Luas Hutan Terbakar di Dairi 20 Hektare
Luas hutan yang terbakar di kawasan Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Dairi mencapai 20 hektare.
Polda Sumatera Utara Selidiki Kebakaran Hutan di Dairi
Polda Sumatera Utara melakukan penyelidikan kebakaran lahan di Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi,
Hutan di Kawasan Danau Toba Kembali Terbakar
Hutan di kawasan Danau Toba kembali terbakar, di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
0
5 Festival Paling Unik di Dunia, Satu dari Indonesia
Beberapa festival di dunia ini dikenal unik dan belum tentu ada di tempat lain. Salah satunya terdapat di Indonesia.