UNTUK INDONESIA
Hutan di Kawasan Danau Toba Kembali Terbakar
Hutan di kawasan Danau Toba kembali terbakar, di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
Kawasan hutan perbukitan Danau Toba di Dusun I Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, terbakar. (Foto: Tagar/Istimewa).

Dairi - Tidak lewat seminggu, hutan di kawasan Danau Toba kembali terbakar. Kali ini, si jago merah melahap sekitar 6 hektare perbukitan Dusun I Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Rabu 18 September 2019 sore.

Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting dikonfirmasi lewat telepon membenarkan kejadian itu. "Ya, tadi sore terjadi kebakaran. Sampai sekarang tim masih berada di lapangan. Masih ada sisa api. Tim sedang mengupayakan pemadaman," katanya.

Disebutkan, sulit memadamkan api karena pemadaman dilakukan secara manual dan lokasi kebakaran sangat curam. Penyebab bencana, masih dalam penyelidikan.

Ditanya tentang kabel jaringan transmisi PLN yang ada di kawasan perbukitan tersebut, Bahagia mengatakan api tidak sampai ke situ. Aliran listrik tidak terganggu. Tidak ada pemadaman listrik di Kecamatan Silahisabungan.

Senada, Kepala Desa Silalahi III, Rincon Situngkir, juga membenarkan terjadinya kebakaran huta`n itu.

"Mulai sore tadi. Barusan sudah bisa dipadamkan. Mulai sore, BPBD, Babinsa, Manggala dan masyarakat bekerjasama memadamkan api," katanya.

Mengingatkan, Kamis 12 September 2019 lalu juga terjadi kebakaran hutan, di perbukitan Dusun Sinongnong Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Kawasan perbukitan Silahisabungan rawan kebakaran. Terlebih karena beberapa bulan terakhir, hujan tidak turun, sehingga mengakibatkan kekeringan.[]

Berita terkait
Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar
Hutan di kawasan Danau Toba terbakar, tepatnya di perbukitan Dusun Sinongnong, Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.
Wilayah Aceh Dikepung Kabut Asap Kebakaran Sumatera
Sebagian wilayah Aceh mulai dikepung kabut asap imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.
Kebakaran Hutan, Bamsoet: Proses Hukum Pelakunya
Ketua DPR RI meminta pemerintah segera menuntaskan masalah kabut asap di Riau yang terjadi beberapa waktu lalu.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.