UNTUK INDONESIA
Polda Sumatera Utara Selidiki Kebakaran Hutan di Dairi
Polda Sumatera Utara melakukan penyelidikan kebakaran lahan di Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi,
Kawasan hutan perbukitan Danau Toba di Dusun I Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, terbakar. (Foto: Tagar/Istimewa).

Medan - Polda Sumatera Utara melakukan penyelidikan kebakaran lahan di Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, yang terjadi Rabu 18 September 2019 kemarin.

Asal mula api yang menyebabkan satu hektare lahan terbakar di sana diperkirakan dari rumput kering yang terkena puntung rokok milik masyarakat.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara, AKBP MP Nainggolan menyebut upaya pengusutan yang tengah dilakukan polisi, Kamis 19 September 2019.

Kejadian kebakaran kemarin sudah dipadamkan, petugas kepolisian yang melihat kebakaran dengan cepat menuju ke lokasi

"Penyebab peristiwa ini dalam penyelidikan, dugaan sementara api berasal dari puntung rokok warga atau petani yang sedang bekerja, ataupun yang melintasi lokasi. Di mana rumput ilalang yang ada di perladangan itu dalam kondisi sudah kering," kata Nainggolan.

Sampai saat ini, kondisi api sudah padam, namun polisi terus melakukan peninjauan untuk mengantisipasi adanya kebakaran susulan.

"Kejadian kebakaran kemarin sudah dipadamkan, petugas kepolisian yang melihat kebakaran dengan cepat menuju ke lokasi. Kemudian, personel Polsek Sumbul, Polres Dairi berkoordinasi dengan kepala desa dan tim Manggala Agni Sibolangit (Penanggulangan Karhutla) untuk tindakan pengamanan," tandas Naingolan. []

Berita terkait
Protes Kebakaran Massa Menyatroni Kantor Gubernur
Ratusan mahasiswa di Padang menggelar aksi demonstrasi menuntut bertemu Gubernur Sumatera Barat untuk membahas persoalan kabut asap di Sumatera.
Ratusan ASN NTT Naik Gunung Memadamkan Kebakaran Hutan
Menurut Agus, dia memimpin langsung para ASN untuk mendaki gunung Ile Mandiri, ikut membantu memadamkan api yang terus menjalar dan meluas.
Hutan di Kawasan Danau Toba Kembali Terbakar
Hutan di kawasan Danau Toba kembali terbakar, di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
0
Relawan Pasang Ribuan Spanduk Kawal Pelantikan Jokowi
Juru Bicara KPN Dedy Mawardi membenarkan pemasangan ribuan spanduk di sejumlah wilayah di Indonesia datang dari pihaknya.