Indonesia
Keterwakilan Perempuan di DPRD Parepare Meningkat
Keterwakilan perempuan untuk DPRD kota Parepare untuk tahun 2019-2024 meningkat. berikut nama-nama Caleg yang dipredisi lolos.
DPRD kota Parepare jalan Jendaral Sudirman. (Foto: Tagar/Irsal Masudi)

Parepare - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan legislatif terpilih pada ajang pesta demokrasi yang digelar 19 April lalu. Namun berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Perolehan Suara yang dilakukan KPU Parepare menunjukkan adanya peningkatan tingkat keterpilihan Perempuan di kursi DPRD Parepare.

Dari 25 kursi DPRD Parepare yang ada, tercatat terdapat enam kursi yang berhasil diraih oleh caleg perempuan untuk periode 2019-2024. Jumlah tersebut meningkat dari periode sebelumnya, dimana anggota legislatif hanya terdapat tiga orang perempuan.

Pada periode 2014-2019, Legislator perempuan hanya berjumlah tiga orang, di antaranya Musdalifah Pawe (PAN), Andi Nurhanjayani (Demokrat), dan Apriyani Djamaluddin (PDIP).

Legislator perempuan yang masih bertahan yakni Musdalifah Pawe dan Apriyani Djamaluddin, dan pendatang baru di antaranya dari Dapil I Kecamatan Bacukiki, Andi Nurhatina (Golkar) dan Bacukiki Barat, Haryani Ridwan (Perindo). Sementara, untuk Dapil III Kecamatan Soreang yakni Indriasari Husni (Golkar), dan Asmawati (NasDem).

Dengan kondisi tersebut, kini DPRD Parepare memiliki 24 persen keterwakilan perempuan, yang diharapkan akan memperjuangkan aspirasi dan hak-hak perempuan di DPRD.

Berikut Perolehan Suara Caleg Perempuan di DPRD Parepare

1. Andi Nurhatina (Golkar/1.217)
2. Satriya (PDIP/1637)
3. Haryani Ridwan (Perindo/964)
4. Indriani Husni (Golkar/1639)
5. Apriyani Djamaluddin (PDIP/1.229)
6. Asmawati (NasDem/1.439)

Baca juga

Berita terkait
0
Kepolisian Jamin Keamanan Warga Papua di Kudus
Kepolisian Kudus, Jawa Tengah, menjamin keamanan 23 warga Papua yang menempuh pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Kudus.