Ketahui 5 Penyebab Kelainan Kulit

Beberapa memiliki penyebab situasional atau mungkin karna faktor genetik
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Gangguan kulit bisa bervariasi dalam gejala dan tingkat keparahan. Ini bisa bersifat sementara atau permanen dan mungkin tidak menyakitkan atau bisa menyakitkan. Beberapa memiliki penyebab situasional atau mungkin karna faktor genetik. Beberapa kondisi kulit ringan, dan lainnya dapat mengancam jiwa. Dilansir dari Healthline, berikut 6 penyebab gangguan kulit.


1. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus adalah istilah untuk sekelompok gangguan usus yang menyebabkan peradangan saluran pencernaan yang berkepanjangan. Gangguan terkait usus ini sering menyebabkan masalah kulit.


2. Diabetes

Orang yang memiliki diabetes mengalami masalah kulit akibat dari kondisi mereka di beberapa titik. Beberapa gangguan kulit ini hanya menyerang penderita diabetes. Lainnya terjadi lebih sering pada penderita diabetes karena penyakit ini meningkatkan risiko infeksi dan masalah sirkulasi darah.


3. Lupus

Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang dapat merusak kulit, persendian, atau organ di dalam tubuh. Masalah kulit yang umum terjadi akibat lupus antara lain: lesi bulat di wajah dan kepala, lesi merah berbentuk cincin di bagian tubuh yang terkena sinar matahari, ruam datar di wajah dan tubuh yang terlihat seperti terbakar sinar matahari, luka di dalam mulut dan hidung, dan bintik-bintik merah kecil di kaki.


4. Kehamilan

Kehamilan menyebabkan perubahan signifikan pada kadar hormon yang dapat menyebabkan masalah kulit. Masalah kulit yang sudah ada sebelumnya dapat berubah atau memburuk selama kehamilan. Sebagian besar kondisi kulit yang timbul selama kehamilan akan hilang setelah bayi lahir. Jika mengalami hal lainnya Anda memerlukan perhatian medis selama kehamilan.


5. Matahari

Matahari dapat menyebabkan banyak gangguan kulit yang berbeda. Beberapa umum dan tidak berbahaya, atau jarang yang mengancam jiwa. Mengetahui apakah matahari menyebabkan atau memperburuk gangguan kulit Anda penting untuk mengobatinya dengan benar. []

(Ghariza Syifa Riyashi)



Baca Juga



Berita terkait
Kulitmu Kering? Cobalah 7 Solusi Ini
Hanya karena cuaca berawan atau hujan bukan berarti sinar matahari tidak bisa menembus kulit. Kulit yang rusak akibat sinar matahari tidak sehat.
Ketahui Jenis Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit!
Semua orang setidaknya pasti punya produk untuk mencuci muka guna menghilangkan kotoran dimuka sehabis beraktifitas sehari-hari. Ini jenisnya.
Girls, Ini 5 Cara Double Cleansing untuk Kulit Berjerawat
Double cleansing ini tak bisa dilakukan sembarangan, apalagi jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat. Nah, inilah 5 caranya.