UNTUK INDONESIA

11 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Kering

Mengutip informasi dari sejumlah sumber, berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit yang kering.
Ilustrasi aplikasi makeup untuk kulit kering. (Foto: Freepik)

Jakarta - Bagi kebanyakan wanita, kini makeup sudah menjadi kebutuhan penting. Namun, sangat sulit untuk merias wajah jika memiliki kulit kering. Alih-alih menyerap dengan baik di kulit, riasan cenderung akan menempel pada area wajah yang kering.

Hal ini mengakibatkan riasan terlihat tidak merata dan hasilnya akan cakey. Tentunya tampilan ini akan terlihat buruk.

Jika kamu merupakan salah satu pemilik kulit kering, pastikan untuk memberikan kelembapan ekstra dan gunakan produk yang diformulasikan secara khusus.

Mempersiapkan kulit dan menggunakan produk yang tepat akan membantu riasan berkilau dengan mudah, sehingga dari jarak dekat pun riasanmu akan terlihat tanpa cela.

Mengutip informasi dari sejumlah sumber, berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit yang kering:

Gaya Makeup 80\\\'sGaya makeup era tahun 1980-an alias 80\'s. (Foto: Instagram/narsissist)

1. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi akan membantu mengelupas sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit yang dapat menyebabkan riasan menjadi kurang mulus. Maka disarankan untuk eksfoliasi kulit wajahmu dengan scrub yang tidak mengiritasi kulit kering dan dapat melembapkan.

2. Cuci Muka

Tidak peduli apa pun jenis kulit wajahmu, mencuci muka merupakan tahapan awal yang penting sebelum memulai makeup. Ini akan membuat kulit lebih siap untuk menerima produk riasan dan bisa membersihkan residu-residu yang tersisa.

Selain itu, mencuci muka juga aka mencegah timbulnya jerawat dan pori-pori tersumbat. Gunakan pencuci wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

3. Lembapkan Wajah dengan Face Priming Mist dan Moisturizer

Sebelum menggunakan moisturizer, disarankan untuk semprotkan face priming mist ke wajah agar kulit menjadi lebih lembap. Selain itu, face priming mist juga akan membantu produk makeup lebih menyerap.

Setelahnya baru gunakan moisturizer. Akan lebih baik untuk menggunakan moisturizer yang sudah mengandung spf agar kulit tetap terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet.

4. Gunakan Primer

Meskipun sudah menggunakan face priming mist, akan jauh lebih baik lagi jika tetap menggunakan primer, khususnya untuk pemilik kulit kering. Ini akan membuat makeup lebih menempel tahan lama pada kulit.

5. Pilih Foundation dan Concealer Khusus

Memasuki tahapan dasar dalam makeup, pilihlah produk foundation dan concealer yang dikhususkan untuk kulit kering dan bisa melembapkan. Disarankan untuk gunakan produk yang memiliki hasil akhir dewy, satin, atau demi-matte.

Ini dikarenakan jika menggunakan produk yang memiliki hasil akhir matte justru akan membuat tampilan menjadi lebih cakey. Selain itu, pastikan untuk memilih produk dalam bentuk liquid dan aplikasikan dengan brush.

6. Tidak Perlu Set Makeup dengan Bedak

Apabila kulitmu termasuk dalam golongan kering, lebih baik untuk melewatkan tahap menggunakan bedak. Ini dikarenakan bedak akan membuat kulitmu terlihat cakey.

7. Aplikasikan Makeup untuk Mata

Jika kulit sudah di-priming dan cukup lembap, maka akan mudah untuk mengaplikasikan makeup di area mata.

Namun, jika dirasa masih terlalu kering, gunakan krim eyeshadow dan eyeliner cair daripada eyeshadow padat/bubuk atau pun eyeliner pensil.

Alat MakeupIlustrasi alat makeup. (Foto: The New York Post)

8. Pilih Cream Blush

Untuk blush, contour, dan bronzer, disarankan untuk menggunakan produk berbasis krim. Produk dalam bentuk bubuk padat akan membuat kulit semakin terlihat kering dan justru tidak akan menempel dengan baik.

Maka, pilihlah yang dalam bentuk krim agar lebih mudah diaplikasikan dan menempel dengan baik di wajah.

9. Aplikasikan Pewarna Bibir

Sebelum memulai menggunakan produk pewarna bibir, aplikasikan lipbalm terlebih dahulu agar bibir lebih lembap. Setelahnya, gunakan lipstick, lipcream, liptint, atau apa pun sesuai seleramu.

10. Jangan Lupakan Highlighter

Agar tampilan kulitmu terlihat lebih berkilau dan tidak kering, aplikasikan highlighter di area-area yang membutuhkan seperti tulang pipi, hidung, dagu, dan tulang alis.

11. Set Makeup dengan Setting Spray

Terakhir, set riasanmu dengan setting spray yang bisa memberikan kelembapan agar kulit tidak kering dan makeup bisa tahan lama. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
5 Tips agar Makeup Awet Meski Memakai Masker Cegah Covid-19
Berikut ada beberapa tips untuk menjaga riasan di situasi ini yang Tagar rangkum dari laman Topshop.
Prediksi Lima Tren Makeup di Tahun 2021
Berikut Tagar rangkumkan lima gaya tata rias atau makeup yang diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2021 mendatang.
Tips Makeup Tanpa Foundation untuk Sehari-hari, ala Devienna Setiawan
Berikut Tagar rangkumkan tutorial makeup tipis tanpa foundation untuk sehari-Hari ala Devienna Setiawan.
0
Akankah Pilkada 2022 Digabung ke Pemilu Serentak 2024?
Akankah pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2022 dan 2023 digabung menjadi serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden 2024?