Ketahui Jenis Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit!

Semua orang setidaknya pasti punya produk untuk mencuci muka guna menghilangkan kotoran dimuka sehabis beraktifitas sehari-hari. Ini jenisnya.
Ilustrasi - Membersihkan wajah (Foto:Tagar/iStockPhoto)

Jakarta - Pembersih wajah merupakan hal paling penting dalam merawat kebersihan wajah. Semua orang setidaknya pasti punya produk untuk mencuci muka guna menghilangkan kotoran dimuka sehabis beraktifitas sehari-hari.

Biasanya sebelum mencuci wajah dengan facial foam, kebanyakan orang membersihkan wajahnya dengan facial cleanser terlebih dahulu untuk memaksimalkan terangkatnya noda dan kotoran di wajah. Namun, sudahkah kamu memilih jenis pembersih wajah yang tepat untuk merawat kulit?

Ternyata pembersih wajah juga memiliki tipe dan manfaat yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Perbedaan ini ditujukan untuk kebutuhan kulit yang berbeda. Kira-kira pembersih wajahmu sudah tepat untuk kamu belum ya? Yuk simak jenis pembersih wajah di bawah ini!


1. Gel Cleanser

Gel cleanser memiliki tektur clear dan buncy seperti jelly. Biasanya gel cleanser berwarna bening. Pembersih wajah yang satu ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk berminyak dan berjerawat.

Biasanya gel cleanser memberikan deep cleansing yang dapat membersihkan pori-pori untuk menyingkirkan produksi minyak berlebih dan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. 

Membersihkan wajah dengan gel cleanser membuat wajah terasa moist dan fresh berkat kandungan bahan-bahan di dalamnya. Selain itu, produk ini juga bisa menjaga kelembapan alami kulit.


2. Foam Cleanser

Foam cleanser adalah jenis cleanser yang memiliki tekstur berbentuk busa. Tekstur busa ini bisa didapatkan begitu produk dipompa, atau harus dibuat terlebih dahulu menggunakan foaming net. Facial foam dianggap cukup ideal dalam mengangkat minyak, makeup, hingga sisa sunscreen pada kulit.

Sehingga foam cleanser cocok untuk pemilik wajah berminyak dan berjerawat serta yang punya jenis kulit kombinasi. Teksturnya cenderung ringan, tapi bisa menghapus sisa makeup dan kotoran dengan maksimal. Namun, foam yang terbentuk bisa memberikan efek kulit yang sedikit terasa kering.


3. Cream Cleanser

Cream cleanser atau milk cleanser memiliki tekstur yang lebih kental dengan kandungan moisturizing yang lebih banyak. Tipe pembersih wajah ini cocok untuk pemilik kulit kering dan sensitif karena dapat membersihkan wajah dengan maksimal tanpa membuatnya jadi kering. 

Namun, jenis yang satu ini sebaiknya dihindari bagi pemilik kulit berminyak, karena sisa-sisa creamnya dapat menyumbat di pori-pori sehingga bisa jadi penyebab jerawat.



4. Oil-based Cleanser

Jenis pembersih yang satu ini sedang banyak bermunculan dan populer. Selain cocok digunakan untuk semua jenis kulit, kandungan oil-based di dalamnya juga dapat membersihkan tanpa membuat wajah jadi kering.

Oil-based cleanser bisa jadi pilihan cocok untuk membersihkan heavy makeup, waterproof sunscreen, atau sekadar untuk menerapkan teknik double cleansing saja. Kandungan minyak di dalamnya membantu untuk membersihkan waterproof makeup dengan maksimal tanpa membuat wajah jadi kering.

Ini dia macam jenis pembersih wajah, kira-kira sudah tepat kah pilihan pembersih untuk tipe kulit wajahmu?

(Fasya Aldiza Mutasyifa)




Ampuh! Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Berita terkait
Hilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dengan 6 Bahan Ini!
Flek hitam merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh perempuan. Nah berikut cara hilangkannya dengan bahan alami.
Cara Pakai Setrika Wajah Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan
Setrika wajah merupakan alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi. Ini cara pakainya.
Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah
Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.
0
Ketahui Jenis Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit!
Semua orang setidaknya pasti punya produk untuk mencuci muka guna menghilangkan kotoran dimuka sehabis beraktifitas sehari-hari. Ini jenisnya.