UNTUK INDONESIA
Kesalahan dalam Merawat Kulit Sendiri di Rumah
Tak jarang orang melakukan kesalahan saat merawat kulit sendiri di rumah, nyatanya ini bisa memicu masalah kulit baru. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Masker Susu Bubuk. (Foto: haibunda.com)

Jakarta - Kebanyakan kaum hawa pasti sering melakukan perawatan kulit sendiri di rumah, apalagi selama pandemi Corona. Meski harus sendirian, sebaiknya tetap hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berisiko pada kerusakan kulit.

Sebenarnya tak ada salahnya untuk mencoba merawat kulit sendiri di rumah, terlebih saat ini terdapat berbagai informasi mengenai cara merawat kulit dengan berbagai bahan alami. Memang perawatan seperti ini sangat mudah dilakukan dan lebih ekonomis, Namun, dibutuhkan ketelitian yang ekstra agar kesehatan kulit bisa tetap terjaga dan terhindar dari masalah baru nantinya.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut Tagar ulas kesalahan yang kerap dilakukan saat merawat wajah sendiri di rumah.

1. Tidak Mengenal Jenis Kulit Sendiri

Meski harus menggunakan bahan alami untuk merawat kulit di rumah, sebaiknya kenali dulu jenis kulit yang dimiliki, seperti kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Sebab, bahan alami tak selamanya bisa cocok dengan jenis kulit.

Misalnya, air perasan lemon memang bermanfaat untuk mengatasi timbulnya jerawat, namun ini justru berbahaya untuk jenis kulit sensitif. Sehingga, sebelum mengaplikasikan bahan alami ini sebaiknya cobalah cari tahu kandungan apa yang cocok untuk kulit wajah Anda agar perawatan bisa dilakukan dengan aman.

2. Takaran Sembarangan

Ketika ingin merawat kulit sendiri di rumah dengan bahan alami, sebaiknya gunakan takaran yang benar dan jangan sembarangan. Jika salah takaran, bisa meningkatkan risiko munculnya masalah kulit baru.

Contohnya, bawang putih memang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, tetapi bila tidak tahu takarannya bisa membuat kulit menjadi terbakar dan gosong. Sehingga penting untuk mengetahui takaran penggunaan bahan tersebut terlebih dahulu agar terhindar dari masalah kulit baru.

3. Memakai Bahan Terlalu Pekat

Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan bahan yang pekat atau memiliki tingkat pH yang tinggi, seperti cuka apel dan lainnya. Sebab, bahan seperti cuka apel harus dipadukan dengan campuran air agar kulit tidak menjadi iritasi. Di sinilah Anda perlu berhati-hati ketika mengaplikasikan bahan alami karena setiap jenis kulit pasti memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. 

4. Bahan yang Dipakai Sudah Tidak Segar atau Basi

Ketika ingin melakukan perawatan wajah di rumah, dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Hindari penggunaan bahan yang sekiranya sudah tak segar atau basi. Bila dipaksakan, ini bisa memicu terjadinya masalah kulit baru.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang seringkali terjadi saat merawat kulit sendiri di rumah. Untuk itu, sebaiknya tetap hati-hati agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah. []

Baca Juga:

Berita terkait
Efek Buruk Sering Ikat Rambut Bagi Kesehatan
Ternyata metode mengikat atau menguncir rambut bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.
Masker Alami Ampuh Bikin Kulit Wajah Kencang
Kulit wajah yang kencang dan kenyal tentu menjadi impian setiap orang terutama bagi kaum hawa. Berikut beberapa bahan alami untuk mewujudkannya.
Tips Membuat Kuku Cantik dan Sehat Secara Alami
Bagi kebanyakan perempuan perawatan kuku sangat penting untuk menunjang penampilan mereka. Berikut tips membuat kuku cantik dan sehat secara alami.
0
Ini Alasan Hotel Berusia 100 Tahun di Amerika Tutup
Hotel Roosevelt di New York yang telah beroperasi hampir 100 tahun akan tutup karena pandemi virus Corona.