UNTUK INDONESIA
Kesalahan dalam Menjalankan Perawatan Kulit Berminyak
Kulit berminyak tentu harus dirawat dengan benar dan tepat agar tetap sehat. Namun, seringkali sebagian orang melakukan kesalahan dalam merawatnya.
Ilustrasi Kulit Berminyak. (Foto: nurturemybody.com)

Jakarta - Pemilik kulit berminyak tentu tidak boleh sembarangan menjalankan perawatan karena mereka harus menyesuaikan dengan kondisi kulitnya. Pastikan jangan melakukan kesalahan di dalam menjalankan perawatan agar kesehatan kulit tetap terjaga. 

"Mencuci muka terlalu sering bisa membuat permukaan kulit menjadi kering, sehingga kulit akan memproduksi lebih banyak lagi minyak di wajah," kata dokter umum Marianti melalui channel YouTube Alodokter seperti dikutip Tagar, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Dia menjelaskan sebenarnya mencuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam dengan air dingin. Jangan lupa gunakan pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali, misalnya yang mengandung Montaline C40 dengan pH 5,5.

Kata dokter Marianti, Anda juga bisa memilih pembersih wajah yang mengandung panthenol atau vitamin B5 untuk mengurangi produksi minyak, sehingga membantu mengatasi kulit berjerawat. Pembersih wajah dengan kedua kandungan tersebut mampu melembapkan kulit dengan baik, menjaga elastisitas kulit, serta membantu regenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit menjadi lembut.

Kesalahan kedua, menggosok wajah dengan scrub terlalu keras. Cara ini juga bisa membuat kulit menjadi iritasi. "Jadi, gosok dengan lembut saja, supaya scrub bisa membersihkan sampai ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati. Ingat, jangan lakukan scrub wajah terlalu sering, cukup 1-2 kali sehari," ucap dr. Marianti.

Terakhir, tidak menggunakan pelembap lantaran takut kulit tambah berminyak, padahal kulit berminyak juga butuh dijaga kelembapannya. "Nah, supaya kulit tidak semakin berminyak, kamu bisa pilih krim wajah yang bersifat mattifying karena bisa mengurangi produksi minyak. Juga pilih krim yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat (hyaluronic acid). Dengan kandungan-kandungan tersebut kulitmu bisa tetap ternutrisi dengan baik," ujar dia.

Minyak yang muncul di wajah sebenarnya tergolong normal, bahkan berfungsi menjaga kulit tidak kering dan keriput. Namun, jika produksi minyak berlebihan tentu jadi masalah, kulit akan tampak mengkilap dan berminyak, sehingga lebih mudah berjerawat. []

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mengatasi Wajah Berminyak Saat Cuaca Lembab
Memasuki musim penghujan udara akan cenderung lembab dan mengakibatkan kulit menjadi lebih berminyak. Berikut cara untuk mengatasinya.
Beragam Manfaat Micellar Water Selain Hapus Makeup
Selain menghapus makeup, nyatanya micellar water memiliki manfaat lainnya. Berikut manfaat lain micellar water.
Bahan Campuran Mayones untuk Membuat Kulit Flawless
Tampil cantik dengan kulit yang flawless menjadi impian setiap perempuan. Mayones yang dicampurkan bahan alami lainnya nyatanya bisa mewujudkannya.
0
Kesalahan dalam Menjalankan Perawatan Kulit Berminyak
Kulit berminyak tentu harus dirawat dengan benar dan tepat agar tetap sehat. Namun, seringkali sebagian orang melakukan kesalahan dalam merawatnya.