UNTUK INDONESIA
Kemiripan Kuliner Jepang dan Kuliner Indonesia
Memiliki akulturasi yang berbeda, ternyata dari segi kuliner atau makanannya, Indonesia dan Jepang punya kemiripan.
Dorayaki, makanan khas Jepang memiliki kemiripan dengan serabi yang ada di Indonesia. (Foto: Instagram/@fashion.selection)

Jakarta - Indonesia dan Jepang memang dua negara yang memiliki hubungan secara historis. Tetapi, siapa sangka dari akulturasi budaya yang berbeda, ternyata dari segi makanan ataupun kulinernya memiliki kemiripan. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan Indonesia yang mempunyai kembaran dengan negeri sakura ini. 

1. Ramen dan Mie Ayam

RamenRamen, makanan khas Jepang yang memiliki kemiripan dengan mie ayam Indonesia. (Foto: Instagram/@lamagfood)

Ramen dan mie ayam memang memiliki kemiripan, yaitu mie basah yang disajikan dengan kuah hangat. Bahkan, kuliner tersebut juga dilengkapi dengan sayuran dan daging untuk menambah kelezatan. 

Meski kedua makanan ini sama-sama berbahan mie, tetapi cita rasanya berbeda. Pada semangkok mie ayam, kamu akan melihat di dalamnya ada sayuran, ayam, tauge, bakso atau pangsit. 

Begitu juga dengan semangkok ramen yang terdiri dari  potongan daging sapi, sayuran, dan satu butir telur setengah matang yang telah dibelah dua. Perbedaan dari kedua makanan ini terletak pada cita rasa kuahnya. Jika kuah mie ayam cenderung lebih sedikit, Ramen tidak. 

Namun, yang jelas ramen dan mie ayam memiliki kelezatan yang sama dan siapa pun yang sudah mencicipinya pasti sudah mengakui kenikmatan kedua makanan tersebut. 

2. Gyoza dan Pangsit

GyozaGyoza, makanan khas Jepang yang memiliki kemiripan dengan pangsit yang ada di Indonesia. (Foto: instagram/@thefoodiefork)

Gyoza Jepang memang kerap dibilang mirip dengan pangsit yang biasanya disantap saat kamu sedang menikmati mie ayam atau bakso. 

Cara pembuatan gyoza dan pangsit yaitu sama-sama direbus. Tetapi, ada juga yang digoreng. Gyoza itu makanan yang terbuat dari udang cincang kemudian dibungkus dengan lembaran kulit tepung terigu dan ini juga hampir sama dengan pangsit 

3. Yakitori dan Sate

YakitoriYakitori, makanan khas Jepang yang memiliki kemiripan dengan Sate yang ada di Indonesia. (Foto: instagram/@irokawahiroshi)

Yakitori merupakan makanan asal Jepang yang juga ditusuk mirip dengan sate. Keduanya sama-sama disusun dari potongan daging kemudian dilumuri bumbu, serta dibakar.  

Perbedaannya terletak pada bumbu kedua makanan tersebut. Yakitori dibalut dengan kecap asin dan bumbu lainnya seperti bubuk cabai dan sebagainya. Sementara sate dengan saus kacang dan kecap. 

Umumnya Yakitori menggunakan daging ayam ditambah potongan sayur atau jamur yang ikut ditusuk dan dibakar. Sedangkan sate yang menjadi menu favorit di Indonesia memiliki beragam jenis, seperti sate ayam, kambing, kelinci, domba, dan lain sebagainya. 

4. Dorayaki dan Serabi

DorayakiDorayaki, makanan khas Jepang memiliki kemiripan dengan serabi yang ada di Indonesia. (Foto: Instagram/@fashion.selection)

Kedua makanan tersebut bentuknya sama-sama pipih dan teksturnya lembut serta kenyal. Meski mirip, serabi biasanya tidak punya isian di dalamnya, tetapi disajikan dengan saus gula merah.

Sedangkan dorayaki biasa dihidangkan dengan isian pasta kacang merah. Perbedaan lainnya yang dapat dilihat yaitu dari segi warna, serabi dibuat dengan warna putih atau hijau pandan. Tetapi, makanan khas dari Jepang itu hanya terdiri dari satu varian warna yakni kecoklatan.

5. Yakisoba dan Mie Goreng

YakisobaYakisoba, makanan asal Jepang ini ternyata mirip dengan mie goreng Indonesia. (Foto: Instagram/@ramanokram)

Makanan Jepang Yakisoba ini memang memiliki kemiripan dengan mie goreng yang ada di Indonesia. Kesamaannya dilihat dari bahan dasarnya yang terbuat dari tepung sebagai proses pembuatan mie.

Mie tersebut sama-sama digoreng dan dicampur dengan berbagai  bahan dan bumbu rempah-rempah, serta ditambahkan dengan toping yang berbeda. 

Memang jika dilihat sepintas, kedua makanan itu tidak memiliki banyak perbedaan. Sebab, dari segi penampilannya saja memang sangat mirip. Namun, baik Yakisoba dan mie goreng jelas memiliki rasa yang enak dan lezat. Hal itu juga bergantung pada seleranya masing-masing. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Sukabumi Tempat Lahir Syahrini
Sukabumi tempat kelahiran penyanyi Syahrani mempunyai begitu banyak pesona menarik, terutama dilihat dari kulinernya yang rasanya enak.
Makanan Khas Kendari, Kota Kelahiran Idham Azis
Kota kelahiran Kapolri Jenderal Idham Azis di Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki banyak pesona yang menarik, terutama makanan khasnya.
Kenali Kuliner Khas Kota Kelahiran Surya Paloh di Aceh
Kota Kelahiran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Banda Aceh banyak kuliner khasnya, apa sajakah itu?
0
Bom Asap Ditemukan Dekat Rumah Warga Solok
Warga Solok, Sumatera Barat, menemukan bahan peledak sisa perang yang diduga jenis bom asap.