UNTUK INDONESIA
Enam Makanan Khas Pontianak Menggoyang Lidah
Pontianak atau lebih dikenal dengan kota khatulistiwa ini mempunyai ragam jenis kuliner khas yang patut untuk dicicipi.
Burung Punai, salah satu makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto:Instagram/@shnelwan)

Jakarta - Pontianak atau lebih dikenal sebagai kota khatulistiwa ini memiliki hal yang menarik, termasuk melihat ragam kuliner khas yang patut untuk dicicipi. 

Itulah sebabnya, kamu yang hendak mengunjungi daerah tersebut disarankan untuk menikmati kelezatan makanannya. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan khas Pontianak yang bisa membuat Anda ngiler.

1. Bubur Pedas 

Bubur Pedas PontianakBubur Pedas, salah satu makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/@tiradwins)

Makanan khas Pontianak yang satu ini berbahan baku, seperti pucuk daun pakis, daun lengkuas, kangkung, daun kesum, jagung, dan dedaunan rempah lainnya. Dibagian atas kuliner bubur pedas ini juga ditaburkan kacang goreng dan teri.

Bubur ini sebenarnya tidak pedas. Kata "pedas" tersebut merupakan perumpamaan suku Melayu Sambas yang berarti beragam sayuran dan rempah yang ada dalam bubur tersebut.

Itu karena melihat dari bahan baku pembuatan makanannya saja, sudah ada berbagai macam sayuran. Bubur ini mempunyai rasa yang gurih dan segar, sehingga kamu yang akan mencicipinya pasti selalu ketagihan. 

2. Burung Punai

Burung Punai PontianakBurung Punai, salah satu makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto:Instagram/@shnelwan)

Burung punai merupakan sajian makanan berbahan dasar burung khas Kalimantan Barat yang dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. 

Burung punai ini memang mirip dengan merpati atau dara. Namun, hewan yang satu ini memiliki bulu berwarna hijau dengan paruh yang berwarna kemerahan. Banyak olahan makanan yang dihasilkan dari burung ini. 

Daging burung punai ini memang sangat empuk dan rasanya gurih. Makanan ini bisa disajikan bersama nasi, ditambah dengan sambal dan lalapan. 

Jadi, jika kamu ingin mengetahui bagaimana kelezatan dari kuliner khas Pontianak, kamu bisa mengunjungi daerah tersebut. 

3. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong PontianakSotong pangkong, Makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/@trisnaindonesia)

Sotong Pangkong khas Pontianak ini memiliki keunikan tersendiri, dilihat dari cara menikmatinya ataupun bumbu dan cita rasanya. Biasanya makanan ini dilengkapi  dengan sambal kacang, sehingga menambah kelezatannya. 

Kuliner ini berbahan dasar dari sotong atau cumi. Dinamakan sotong pangkong karena dari cara pembuatannya dilakukan dengan mengolah sotong yang dikeringkan dan dipukul-pukul.  

Kata dipukul-pukul pada bahasa Melayu memiliki istilah dipangkong. Dengan begitu, sotong pangkong adalah sotong yang telah diolah dengan dikeringkan kemudian dipukul-pukul hingga bentuknya menjadi pipih.

Tekstur sotong yang telah dikeringkan memang tidak seperti sotong yang masih segar dan yang masih mudah dikunyah. Karena sudah kering, jadi cukup keras dan membutuhkan waktu untuk dapat ditelan. Di situlah keunikan dan ciri khas dari menyantap makanan khas Pontianak ini. 

Makanan ini lebih asyik disantap sembari berbincang-bincang bersama teman-teman Anda. Kalau sudah di Pontianak, jangan lupa untuk mencoba kenikmatan sotong pangkong. 

4. Pengkang

Pengkang PontianakPengkang, makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/@verinachandra)

Pengkang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi. Campuran tersebut, kemudian dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut dan diikat dengan bambu untuk dibakar.   

Dengan bentuknya yang khas dan cita rasanya yang unik, pengkang kerap diburu oleh para wisatawan yang ingin berwisata kuliner. 

Karena citarasa beras ketannya yang gurih dan isi udang ebi kering yang manis, ditambah bau aroma daun pisang terbakar untuk membungkusnya, semakin mengundang selera untuk segera melahapnya.

5. Lempok Durian

Lempok Durian Pontianak,Lempok Durian, makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: ksmtour.com)

Makanan yang satu ini memang wajib dicicipi oleh para pecinta durian. Teksturnya seperti dodol, tetapi tanpa menggunakan campuran beras ketan.

Lempok durian menggunakan bahan pengawet alami yang berasal dari gula pasir. Rasanya merupakan perpaduan dari rasa manis dan asam dari durian.

Makanan khas Pontianak tersebut memang sudah sangat terkenal, sehingga dijadikan oleh-oleh juga sangat cocok karena lempok durian ini tahan lama. 

6. Pisang Goreng Srikaya 

Pisang Goreng Srikaya PontianakPisang Goreng Srikaya Pontianak. (Foto: polisitidur.com)

Pisang goreng Pontianak memang berbeda dengan yang ada di daerah lainnya. Hal itu karena pisang yang digunakan adalah pisang nipah yang hanya tumbuh di Ibu Kota Kalimantan Barat itu saja. 

Bukan hanya, dari segi penyajian makanan juga sudah jelas sangat berbeda. Bedanya, pisang goreng Pontianak ini disajikan bersama selai srikaya yang terbuat dari telur dan buah srikaya.

Inilah yang menjadi kekhasan tersendiri dari kuliner tersebut. Biasanya hidangan makanan ini menjadi menu sarapan di pagi hari. []

Baca juga:

Berita terkait
Asam Sunti Sambal Populer Kuliner Aceh
Salah satu sambal khas Aceh ialah asam sunti yang dipakai hampir disetiap masakan tradisional Aceh.
5 Kuliner Khas Mataram Kampung Halaman Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa putra asal Mataram mendapatkan pos Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Daerah asalnya ini memiliki kuliner khas.
Kenali Kuliner Khas Kota Kelahiran Surya Paloh di Aceh
Kota Kelahiran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Banda Aceh banyak kuliner khasnya, apa sajakah itu?
0
Bom Medan dan Empat Teror Bom di Kantor Polisi
Bom bunuh diri di Medan, Sumatera Utara, tersebut bukan aksi teror bom pertama di kantor kepolisian.