UNTUK INDONESIA
Kawanan Curi Perabot Angkringan di Kulon Progo
Kawanan pencuri bermobil menggasak perabotan angkringan di Kulon Progo, Yogyakarta. Tabung gas, wajan dan minuman masih sachetan pun disikat.
Ilustrasi pencuri (pixabay.com)

Kulon Progo - Kawanan maling yang satu ini bisa dibilang nekat. Bagaimana tidak, barang seperti tabung gas dan sejumlah perkakas di warung angkringan di simpang empat Cangakan, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta disikat pencuri nekat.

Angkringan tersebut milik Dwianto, 35 tahun, warga Dusun Kalangan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulon Progo. Selain tabung gas, barang dicuri antara lain tiga buah ceret, satu wajan besar serta berbagai minuman sachetan yang disimpan di warung tersebut.

Dwianto mengatakan, peristiwa pencurian tersebut diketahuinya pada Rabu, 26 Februari 2020 pukul 07.30 WIB. Saat itu dia kembali ke angkringan miliknya untuk mengambil helem yang tertinggal. Saat sampai di lokasi, Dwianto kaget karena pintu laci bawah terbuka dan barang-barang di dalamnya sudah hilang.

Menurut dia, aksi kawanan pencuri ini sempat terekam kamera CCTV milik toko yang berada tidak jauh dari angkringan. Berdasarkan rekaman CCTV, tampak terlihat dua mobil sedang berhenti di depan angkringan yang sudah tutup sekitar pukul 4.30 WIB.

Kedua mobil tersebut datang dari arah yang berbeda. Mobil pertama yaitu Suzuki Carry hitam datang dari arah Kapanewon Sentolo. Sementara mobil kedua yaitu Avanza silver, datang arah Brosot.

"Dalam rekaman CCTV, orang di mobil pertama terlihat memindahkan barang dari angkringan ke mobil kedua. Setelahnya mobil pertama berputar ke arah utara, mobil kedua menuju ke arah barat ke Kapanewon Panjatan," ujar Dwianto pada Rabu, 26 Februari 2020.

Dwianto mengaku saat ini belum ada ada rencana melaporkan kepada kepolisian. Kerugian yang tidak seberapa menjadi alasannya enggan melaporkan ke polisi. "Isin (malu) mas, soalnya ruginya tidak seberapa. Nanti khawatirnya sudah lapor eh ternyata dicuekin sama pak polisi," ucapnya.

Dalam rekaman CCTV, orang di mobil pertama terlihat memindahkan barang dari angkringan ke mobil kedua.

Dwianto menduga kawanan pencuri tersebut merupakan sindikat yang sudah profesional. Sejumlah warung di daerah Cangakan, pernah mengalami kejadian serupa. Karena itu, pihak kepolisian diminta agar meningkatkan keamanan di Cangakan dapat ditingkatkan.

Menanggapi adanya kasus pencurian tersebut, Kepala Kepolisian Sektor Lendah Ajun Komisaris Polisi Fakhrurodin mengatakan bakal segera menindaklanjuti jika ada kasus tersebut. Korban diminta segera melaporkan agar memudahkan kepolisian dalam melakukan pengungkapan.

Polsek Lendah memastikan, sekecil apa pun informasi dan laporan dari masyarakat, pasti akan tindaklanjuti. "Yang pasti kami akan menggencarkan patroli," ucap Ajun Komisaris Polisi Fakhrurodin.

Dia juga mengimbau, agar para pemilik warung di kawasan Cangakan bisa melakukan antisipasi seperti membawa pulang barang-barang di angkringan kecil. []

Baca Juga:

Berita terkait
Bobol Gembok Pakai Penjempit Kertas Pencuri Diciduk
Pelaku pembobolan ruko di Kabupaten Gowa ditangkap anggota Polsek Somba Opu, setelah dia mempreteli gembok pintu ruko menggunakan penjepit kertas.
Dua Pencuri Babak Belur Dikeroyok Warga Bantul
Dua pencuri ponsel di Bantul tertangkap menjadi amukan warga sebelum polisi datang melerainya. Dua pelaku berstatus mahasiswa.
Golok Diayun Dibalas Timah Panas, Pencuri Tewas
Pencuri motor berinisial RD tewas setelah golok yang diayunnya berbalas terjangan timah panas.
0
Selebgram Awkarin dan Ruth Stefani Diperiksa Polisi
Dua selebgram yakni Awkarin dan Ruth Stefani memenuhi panggilan pemeriksaan Kepolisian Daerah Jawa Timur.