UNTUK INDONESIA
Kata Keraton Yogyakarta soal Ular di Tiang Bangsal Magangan
Viral penampakan ular melingkari umpak tiang Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta saat malam Jumat Kliwon. Ini penjelasannya.
Ular yang melingkar di Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta pada 15 Oktober 2020. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Penampakan seekor ular di Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta pada 15 Oktober 2020 menghebohkan media sosial Twitter. Munculnya ular tersebut pada malam Jumat Kliwon.

Akun Twitter yang pertama kali mengunggah foto ular itu adalah @fthhrrs. Namun, sayangnya unggahan tersebut sudah dihapus. Lalu bagaimana respons Keraton Yogyakarta?

Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat membenarkan bahwa ular itu muncul pada Jumat Kliwon, 15 Oktober 2020. Ia menjelaskan, posisi ular berada di pilar sebelah barat utara. "Ularnya melingkar di atas umpak (batu penyangga tiang)," katanya kepada wartawan, Selasa, 20 Oktober 2020.

Ularnya melingkar di atas umpak.

KRT Jatiningrat mengungkapkan terkait dengan kemunculan ular pada malam Jumat Kliwon, tidak perlu disikapi secara berlebihan. Menurut dia, hal seperti itu sering ditemukan di Keraton Yogyakarta. "Tidak apa-apa biasa saja," papar pria yang biasa disebut Romo Tirun ini.

Namun, Romo Tirun mengaku terkejut dengan kemunculan ular dengan bintik-bintik hitam disertai warna corak kuning. "Memang misterius kok ada ular pada malam hari. Dan wujudnya seperti beras wutah (beras tumpah)," kata dia.

Baca Juga:

Ia mengatakan ular itu sama sekali tidak mengganggu. Setelah dibiarkan beberapa saat itu terus menghilang. "Ularnya dibiarkan saja sudah hilang," imbuhnya.

Romo Tirun menyebut, Bangsal Magangan dulu digunakan untuk seleksi para abdi dalem. Namun putra mahkota maupun Sri Sultan sendiri juga bisa duduk di sana. []

Berita terkait
Pria ala Prajurit Keraton Yogyakarta Jaga Malioboro
Sejumlah pria yang mengenakan pakaian ala seragam prajurit Keraton Yogyakarta berjaga di 10 titik di kawasan Malioboro.
Fungsi dan Filosofi Alun - Alun Keraton Yogyakarta
Ada sejumlah filosofi dalam pembangunan alun-alun Keraton Yogyakarta, baik Alun-alun Selatan maupun Alun-alun Utara.
Keraton Yogyakarta Berduka, GBRAy Murdokusumo Wafat
Kabar duka dari Keraton Yogyakarta. Kakak dari Sri Sultan HB X, GBRAy Murdokusumo meninggal dunia, Sabtu, 22 Agustus 2020.
0
Tiga Warga Purworejo Edarkan Pil Koplo di Kulon Progo
Polres Kulon Progo menangkap empat orang setelah mengedarkan pil koplo. Tiga di antaranya warga Purworejo, Jawa Tengah.