UNTUK INDONESIA
Kasus Kedua di Agam, Perajin Pancing Positif Corona
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam meningkat jadi dua orang.
Puskesmas Pakan Kamis tempat berdinasnya seorang dokter yang merupakan anak kandung pasien AG ditutup sementara, Senin, 4 Mei 2020. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Agam - Seorang perajin pancing di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dinyatakan positif Covid-19, Senin, 4 Mei 2020. Pria berinisial AG, 62 tahun itu kasus kedua setelah pasien berinisial JD, 60 tahun dinyatakan positif, Jumat, 1 Mei 2020. Keduanya berasal dari Kecamatan Baso.

Biasanya beliau membeli bahan dasar dan mengantar hasil produksinya ke Pasar Aur Kuning di Kota Bukittinggi.

Informasi yang diperoleh Tagar, AG sebelumnya telah dirawat di RSAM Bukittinggi sejak Kamis, 30 April 2020. Hasil laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas keluar pada Minggu, 3 Mei 2020 malam.

Wali Nagari (Kepala Desa Adat) Koto Baru Erman Zamro menyebut AG sehari-hari bekerja membuat peralatan memancing, khususnya membuat pengapung pancing.

"Biasanya beliau membeli bahan dasar dan mengantar hasil produksinya ke Pasar Aur Kuning di Kota Bukittinggi,” katanya.

Hasil penelusuran Erman Zamro, pada tanggal 21 April 2020, AG diketahui pergi ke Pasar Raya Kota Padang bersama menantunya mengantar pengapung pancing hasil produksinya.

"Selang beberapa hari kemudian beliau kembali berbelanja bahan ke Pasar Aur Kuning, Kota Bukitinggi,” katanya.

Terpisah, Bupati Agam Indra Catri mengaku telah memerintahkan jajarannya menelusuri riwayat perjalanan pasien lebih rinci. Tracking cepat, katanya, telah dilaksanakan terhadap orang-orang yang langsung berinteraksi dengan pasien AG.

“Hasilnya, diperoleh data awal dan dapat dibagi dalam dua ketegori. Pertama ada 4 orang anak, 3 orang cucu, dan satu orang menantu. Kedua: satu orang bidan, dan beberapa orang petugas puskesmas,” katanya.

Indra Catri meminta gugus tugas agar semua yang terjaring ini langsung diambil swabnya dan diperiksa di laboratorium.

"Telah diambil swabnya. Kita berharap agar hari ini juga dapat diterima hasil labornya untk bahan kebijakan lebih lanjut,” tegasnya. []



Berita terkait
Pedagang Rokok di Kabupaten Agam Positif Covid-19
Pedagang Rokok berinisial J tersebut sebelumnya pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.
Dua Anak Pedagang Rokok di Agam Dirawat di RSAM
Dua putri pedagang rokok di Kabupaten Agam juga turut dirawat karena kontak langsung dengan sang ayah pasca positif Covid-19.
Ramadan Perdana 2020, Satu Rumah Terbakar di Agam
Kebakaran menghanguskan satu unit rumah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
0
Jokowi Ajak Peserta KTT Non Blok Solid Lawan Covid-19
Presiden Jokowi ajak peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) solid lawan pandemi Covid-19.