UNTUK INDONESIA
Ramadan Perdana 2020, Satu Rumah Terbakar di Agam
Kebakaran menghanguskan satu unit rumah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
Rumah terbakar yang sudah rata dengan tanah di Kabupaten Agam. Tidak satu pun barang berhasil diselamatkan. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Agam - Kebakaran hebat terjadi di Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat, 24 April 2020. Satu unit rumah semi permanen berukuran 10x15 meter ludes jadi abu.

Mobil damkar sampai di lokasi saat tidak ada lagi yang bisa diselamatkan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

"Pemilik rumah bernama Amrizal sedang tidak di lokasi saat kebakaran terjadi. Warga mendapati ada asap dan melihat api sudah membakar loteng,” kata Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra.

Warga yang melihat kejadian itu bahu membahu memadamkan api. Namun, lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, ditambah cuaca panas dan angin kencang membuat api cepat menghanguskan rumah.

Kapolsek Tilatang Kamang AKP Lirman mengaku telah mengirimkan jajarannya untuk menyelidiki kebakaran itu. Menurutnya, petugas sampai ke lokasi ketika rumah sudah hangus terbakar.

"Mobil damkar sampai di lokasi saat tidak ada lagi yang bisa diselamatkan. Kami masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah kerugian serta penyebab kebakaran itu. Perkiraannya sekitar Rp 150 juta," katanya.

Meski begitu, tiga unit damkar yang sampai ke lokasi tetap membantu proses pendingan api agar tidak menyebar ke pemukiman warga lainnya.

Lirman meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama bulan Ramadan termasuk saat berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar. Menurutnya, musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja, termasuk kebakaran.

“Kami harap warga memeriksakan kembali jaringan listrik dan memastikan rumah dalam keadaan aman jika terpaksa bepergian. Namun jika tidak ada keperluan mendesak, kami harap warga tetap di rumah sampai wabah Covid-19 berakhir,” tuturnya. []

Berita terkait
Hadapi PSBB, Stok Beras 70 Persen Warga Agam Aman
Dengan bantuan yang sudah disalurkan, sedikitnya 70 persen warga Kabupaten Agam sudah memiliki stok beras selama Ramadan.
Data dan Kronologis Penemuan 2 Mayat Siswa SMP Agam
Jasad dua siswa SMP Kabupaten Agam ditemukan dengan jarak satu kilometer di aliran sungai yang sama.
Gagal Ginjal, Warga Agam Dimakamkan Ala Covid-19
Seorang warga Kabupaten Agam yang diduga menderita penyakit gagal ginjal dimakamkan sesuai protokol covid-19.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo