UNTUK INDONESIA
Kampanye Online Gibran, Warga Sumber Solo Sambat Jalan Rusak
Kampanye blusukan online lewat virtual boks, Gibran Rakabuming Raka mendapat sambatan (keluhan) jalan rusak di Sumber, Banjarsari, Solo.
Kondisi jalan rusak menjadi salah satu perhatian calon Wali Kota Solo pada Pilkada Surakarta 2020, Gibran Rakabuming Raka saat kampanye blusukan online di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Solo - Warga di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, sambat atau mengeluhkan kondisi jalan rusak di wilayahnya. Keluhan disampaikan saat gelaran kampanye online Gibran Rakabuming Raka. 

Gibran, calon wali kota di Pilkada Surakarta 2020, terus konsisten menjalankan kampanye daring lewat blusukan online. Meski tak bertemu langsung dengan masyarakat, namun ia tetap yakin dalam upaya sosialisasi diri sekaligus menyerap aspirasi warga.

Dan pada Rabu, 21 Oktober 2020, virtual boks milik pasangan Gibran -Teguh Prakosa berkeliling Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari. Lewat virtual boks, Gibran menanyakan keluhan atau masukan warga mengenai kondisi perkampungan. 

Seorang warga bernama Sarmini menyampaikan mengenai kondisi jalan di wilayahnya. "Jalanan di wilayah kami banyak yang berlubang. Dari dulu tidak ada perbaikan, padahal sudah mengajukan ke dinas," kata dia

Kondisi ini, menurut Sarmini, makin parah saat hujan turun karena akan menutup permukaan jalan. Akibatnya, cukup banyak pengguna jalan yang terperosok.

Jalanan di wilayah kami banyak yang berlubang. Dari dulu tidak ada perbaikan, padahal sudah mengajukan ke dinas.

Selain itu, persoalan sampah yang mulai menumpuk juga dikeluhkan. Diperparah dengan rendahnya kesadaran warga membuang sampah ke sungai.

Warga lainnya bernama Rini, berharap agar Gibran lebih memperhatikan para pelaku UMKM. "Saat ini kami belum kunjung mendapat bantuan UMKM. Padahal kami sudah mengajukan," adunya. 

Sementara warga yang masuk dalam kelompok seniman tradisional berharap perhatian lebih dari Gibran. "Kami mohon bantuan alat seni ketoprak mas. Biar bisa lebih berinovasi dan semangat latihannya," ucap warga bernama Sungatno.

Baca juga: 

Menanggapi keluhan dan aspirasi warga, Gibran menanggapinya dengan serius.

"Sejak awal, komitmen kami adalah percepatan pemulihan ekonomi usai Covid-19. Untuk UMKM, pasti akan kami dampingi, mulai dari awal sampai urus perizinan. Kalau untuk bantuan memang sabar dulu, antre, tapi kalau persyaratan sudah terpenuhi, insya Allah dapat," beber dia.

Terkait permasalahan jalan berlubang, Gibran mengaku akan memperhatikan benar. Terlebih memang Kelurahan Sumber merupakan daerah di tengah kota.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini pun langsung memantau kondisi jalan di kawasan Sumber melalui Google Maps dan menjadikannya sebagai catatan khusus. []

Berita terkait
Pengusaha Cantik Dukung Gibran Rakabuming di Pilkada Solo
Pengusaha cantik asal Solo, Diah Warih Anjari secara resmi memberikan dukungan pada pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.
Gibran Ingin Solo Jadi Percontohan Kampanye Blusukan Online
Gibran Rakabuming Raka ingin metode kampanye blusukan online di Solo bisa jadi percontohan daerah lain yang gelar pilkada.
Kampanye Blusukan Online, Gibran Ditodong Modal Usaha
Gibran Rakabuming Raka kampanye blusukan secara online. Seorang warga meminta bantuan modal usaha ke putra sulung Presiden Jokowi ini.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.