UNTUK INDONESIA
Kampanye Blusukan Online, Gibran Ditodong Modal Usaha
Gibran Rakabuming Raka kampanye blusukan secara online. Seorang warga meminta bantuan modal usaha ke putra sulung Presiden Jokowi ini.
Warga menyampaikan keluhan dan masukannya pada calon Wali Kota Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka pada blusukan online di Kota Solo, Rabu 7 Oktober 2020. Kesempatan itu digunakan warga untuk minta bantuan usaha. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Solo - Calon Wali Kota Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka intens menjalani kampanye dengan metode blusukan secara online. Di kampanye virtualnya tersebut, seorang warga meminta Gibran membantunya modal usaha. 

Kampanye blusukan online pada Rabu, 7 Oktober 2020, Gibran menjelajah Kampung Nataningratan di Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Blusukan tersebut memang tidak menghadirkan Gibran secara langsung. Gibran hadir lewat layar virtual boks.

Selama blusukan online, bayak warga yang menyampaikan beragam keluhan dan masukan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Saya butuh modal usaha UMKM Mas, untuk jualan angkringan.

Mulai dari minimnya ruang bermain anak-anak di kampung hingga permintaan bantuan modal UMKM. Bahkan seorang warga bernama Nunung secara gamblang menodong Gibran untuk bantuan modal berjualan.

“Saya butuh modal usaha UMKM Mas, untuk jualan angkringan,” kata  dia di hadapan virtual boks. 

Nunung mengaku sudah mengajukan bantuan UMKM ke dinas terkait. Tapi sampai saat ini, bantuan senilai Rp 2,4 juta yang dinanti belum juga cair. Ini yang membuatnya berharap bantuan segera cair untuk dapat diputar pada usaha yang dijalaninya.

“Saya mohon dibantu ya Mas (Gibran) agar segera cair,” ucapnya. 

Warga lain, Kris Sarwono meminta bantuan fasilitas kursi plastik. Di hadapan virtual boks Gibran, salah satu tokoh masyarakat Nataningratan ini menyatakan kursi plastik akan digunakan untuk mendukung kegiatan pelayanan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. 

Kursi itu juga dapat digunakan untuk pertemuan warga. Tidak hanya itu, Kris juga meminta bantuan dari Gibran untuk renovasi atap plafon posyandu.

“Kondisinya sekarang sudah parah mas. Kalau hujan bocor dimana-mana,” kata dia. 

Baca lainnya: 

Menanggapi beragam keluhan dan aspirasi warga, Gibran mengatakan telah memahami dan menerima semua keluhan yang ada. “Semua keluhan warga akan dicari akar persoalannya. Saya harap semua warga bersabar,” ujar Gibran.

Diketahui, sebelum blusukan online lewat virtual boks, Gibran secara fisik rajin masuk ke gang-gang sempit untuk menemui warga. Metode ini kemudian berubah menjadi blusukan online dengan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19.

Pada Pilkada Kota Solo 2020 ini, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Mereka ditantang oleh calon independen Bagyo Wahyono dan FX Supardjo. [] 

Berita terkait
Najwa : Apa yang Berubah Mas Gibran?
Najwa Shihab berikan pertanyaan yang sama persis kepada Jokowi ke Gibran.
Daftar Harta Kekayaan Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution
Anak dan menantu Jokowi, Gibran dan Bobby sah menjadi calon wali kota. Berapa harta kekayaan yang dimiliki para keluarga istana tersebut?
Kesan Gibran Usai Sungkem dengan Habib Luthfi
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka langsung sungkem kepada Maulana Al Habib Muhammad Luthfi di Solo.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.