Kakek di Squid Game Raih Penghargaan Golden Globes Awards

Oh Yeoung Su yang berperan di Squid Game sebagai kakek peserta nomor 001 raih Golden Globe Awards 2022 sebagai aktor pendukung terbaik.
Oh Yeong Su kakek di Squid Game. (Foto: Tagar/Netflix)

Jakarta - Oh Yeoung Su atau yang lebih dikenal dengan Oh Il Nam di serial Squid Game yang berperan sebagai kakek peserta nomor 001 tersebut membawa pulang piala dalam kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television.

"Setelah mendengar berita tentang penghargaan itu (Golden Globe), aku berkata pada diriku sendiri, 'Aku pria yang baik,' untuk pertama kalinya dalam hidupku," ujar O Yeong-soo melalui Netflix, Selasa, 11 Januari 2022

Oh Yeong su bukanlah nama baru di industri hiburan Korea. Kakek yang berusia 77 tahun itu mengawali karier aktingnya di panggung teater bergabung dalam kelompok teater The Square pada 1963.

Ia telah membintangi lebih dari 200 produksi teater hingga 2013, di antaranya A Confession for a Black Prostitute, A Streetcar Named Desire, dan The Merchant of Venice. Kakek satu ini memulai debut serial dan film pada tahun 1998.

Selain Squid Game, Oh Yeong su telah membintangi sejumlah drama, termasuk Moon River (2009), The Great Queen Seondeok (2009), God of War (2012), dan Chocolate (2019). Ia juga telah membintangi tiga film sepanjang kariernya, yaitu Soul Guardians (1998), A Little Monk (2002), dan Spring, Summer, Fall, Winter.. and Spring (2003).

Selama sepak terjangnya sebagai aktor, ia telah meraih sejumlah penghargaan diantaranya penghargaan Baeksang Arts Awards 1994 untuk kategori Best Actor Theater.

Penghargaan National Theater Association Of Korea 2000 untuk kategori Best Actor dan National Theater Association Of Korea 2000 untuk kategori Best Actor.

Kali ini, ia Kembali mendapat penghargaan dalam acara bergengsi, Golden Globe Awards 2022 sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat penampilannya di Squid Game, serial original Netflix asal Korea Selatan.

Bukan hanya itu, ternyata ia juga berhasil mengharumkan nama Korea Selatan di dunia perfilman karena ia merupakan aktor Korea Selatan pertama yang mendapatkan penghargaan individu di Golden Globe Awards bahkan pada usia tua, yaitu 77 tahun.

Dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik, Oh Yeong Su dapat mengalahkan Billy Crudup dan Mark Duplass dalam The Morning Show, Kieran Culkin dalam Succession, dan Brett Goldstein dalam Ted Lasso.

Golden Globe Awards ke-79 digelar di Beverley Hills, California, Amerika Serikat pada Minggu, 9 Januari 2022 waktu setempat. Golden Globes merupakan salah satu acara penghargaan utama yang mengarah ke Academy Awards di Amerika Serikat dan penghargaan untuk televisi dan film.

(Fasya Aldiza Mutasyifa)

Berita terkait
Drama Korea 'Snowdrop' Jadi Pilihan di Awal Tahun
Salah satu Drama Korea yang paling dinantikan oleh penggemar adalah "Snowdrop" yang memasangkan idol populer Jisoo blackpink. Simak ulasannya.
7 Drama Korea dengan Terpopuler Sepanjang 2021
Maka apa saja sih, drama korea terbaik dengan rating tinggi di 2021? Yuk simak selengkapnya di bawah.
7 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa
Sejak dulu drama asal negeri gingseng selalu mendapatkan sorotan oleh publik. Simak 7 rekomendasi drama Korea terbaik sepanjang masa.
0
Kakek di Squid Game Raih Penghargaan Golden Globes Awards
Oh Yeoung Su yang berperan di Squid Game sebagai kakek peserta nomor 001 raih Golden Globe Awards 2022 sebagai aktor pendukung terbaik.