5 Fakta Menarik Squid Game, Series Korea Terbaru Netflix

Sejak pertama kali tayang hingga sekarang, film Squid Games berhasil menyita perhatian penikmat film, bahkan trending di Twitter.
Ilustrasi film Squid Game (Foto: Tagar/Twtitter/@NetflixID)

Jakarta - Netflix resmi merilis film drama korea terbaru yang berjudul “Squid Games” pada 17 September 2021 lalu. Sejak pertama kali tayang hingga sekarang, film tersebut berhasil menyita perhatian penikmat film, bahkan sampai memasuki trending Twitter.

Film ini berceritakan tentang kisah 456 orang dengan latar belakang berbeda yang berpartisipasi dalam permainan tersebut. Pemenang permainan berdarah ini menawarkan hadiah sebesar 45,6 miliar won, atau setara hingga setengah triliun rupiah.

Mempunyai tema yang tidak biasa, membuat drakor ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penonton. Yuk, disimak sederat fakta menarik dalam film Squid Game berikut ini.


1. Genre Survival Baru

Squid Game memiliki sisi uniknya tersendiri walaupun ada beberapa elemen yang mirip dengan tayangan di genre survival lainnya. Karena terdapat 456 orang yang berpartisipasi, tentunya mustahil bagi semuanya untuk dapat bertahan hidup dan memenangkan hadiahnya.

Dalam permainan bertahan hidup, kita cenderung lebih memperhatikan para pemenangnya. Alih-alih permainannya, Squid Game lebih berfokus pada bagaimana para peserta bersikap dan bereaksi.


2. Kembangkan Ide selama 1 Dekade

Penulis naskah sekaligus sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk mengaku bahwa ia memulai menulis naskah pertama kali pada 2008. Namun pada saat itu orang orang menilai bahwa cerita yang ditulisnya sangat rumit dan tak familier.

“Saya banyak membaca buku komik dan menyelesaikan naskahnya pada 2009. Saat itu naskahnya terasa sangat asing dan penuh kekerasan. Beberapa orang beranggapan ceritanya terlalu rumit dan tidak komersial," ungkapnya


3. Judul Terinspirasi dari Permainan Anak-anak di Korea

Nama Squid Game rupanya adalah salah satu nama game yang populer di Korea pada tahun 70-80’an. Hwang Dong Hyuk sendiri mengaku bahwa ia sering bermain permainan tersebut pada masa kecilnya di halaman sekolah atau jalanan depan rumah.

"Squid Game merupakan salah satu permainan yang menguras fisik dan salah satu permainan favorit saya. Bagi saya, Squid Game dapat menjadi permainan anak-anak yang paling simbolis untuk menggambarkan kondisi masyarakat saat ini,” jelasnya.


4. 456 karakter

Dalam film tersebut tercatat ada 456 orang yang berpartisipasi dalam permainan menegangkan ini. 456 orang tersebut memperebutkan hadiah yang bernilai sebesar 45,6 miliar won. Tak hanya itu, dengan latar belakang karakter yang berbeda-beda tersebut membuat penonton semakin penasaran dalam menontonnya.


5. Audio dan Visual yang mengagumkan

Walaupun mengandung genre thriller, drama ini menyesuaikan latar tempat dan perlengkapan yang detail. Hwang Dong Hyuk menggunakan set berukuran besar dan nyata tanpa harus bergantung pada kecanggihan teknologi. Musik dalam film ini juga menggunakan lagu anak-anak di tahun 70-80 an yang membuat penonton bernostalgia.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Film Gossip Girl Reboot Bakal Berlanjut ke Musim Kedua
Baru-baru ini HBO Max dikabarkan akan melanjutkan produksi ulang serial Gossip Girl atau Gossip Girl Reboot ke musim kedua.
Netflix Bakal Rilis Film Termahal Berjudul Red Notice
Ryan Reynolds, Dwayne "The Rock" Johnson, dan Gal Gadot bermain untuk film termahal Netflix sejauh ini berjudul Red Notice.
Cara Langganan Netflix yang Bisa Bayar Pakai GoPay
Netflix uji coba pembayaran melalui dompet digital milik Gojek, yakni GoPay yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit.
0
5 Fakta Menarik Squid Game, Series Korea Terbaru Netflix
Sejak pertama kali tayang hingga sekarang, film Squid Games berhasil menyita perhatian penikmat film, bahkan trending di Twitter.