Hwang Dong-Hyuk, Sutradara Drama Korea “Squid Game”

Tidak hanya sukses pada serial Squid Game, sutradara asal Korea ini sudah sukses dalam menyutradai film sejak tahun 2007
Hwang Dong-Hyuk saat menghadiri London East Asia Film Festival pada tahun 2017 (Foto: Andrew Daley/easternkicks.com)

Jakarta – Serial populer drama Korea “Squid Game” yang rilis di layanan streaming Netflix pada tanggal 17 September 2021 telah sukses menjadi perbincangan hangat di masa pandemi ini. Di balik serial yang mendebarkan ini, terdapat sutradara sekaligus kreator Hwang Dong-Hyuk yang sebelumnya telah menghasilkan film-film sukses.

Hwang Dong-Hyuk seorang sutradara asal Korea yang lahir pada 26 Mei 1971 menyelesaikan pendidikannya di bidang jurnalisme sebelum mulai membuat film pendek dengan judul “Our Sad Life” dan “A Puff of Smoke.” Dia kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di University of Southern California mempelajari produksi film.

Di masa pendidikannya tersebut, ia terus membuat film dan menyelesaikan 2 film pendek, yaitu “Heaven & Hell” dan “Desperation” (2000). Lalu ia membuat film “Miracle Mile” (2004) untuk kelulusannya yang dibintangi oleh Karl Yune sebagai sopir taksi gipsi Korea-Amerika.

Miracle Mile diputar lebih dari 40 kali di festival film internasional dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk DGA Student Film Award dan Student Emmy Award.

Pada tahun 2007, ia merilis film debutnya yang berjudul “My Father”. Film tersebut berhasil mendapat pujian dari kritikus film karena berhasil memberi kesan yang dramatis. Lalu pada tahun 2011, ia menghasilkan karya keduanya, yaitu “Silenced”.

silenced

Poster film Silenced (2011) (Foto: imdb.com)

Silenced merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama dan ditulis oleh Gong Jiyoung. Buku ini menggambarkan kisah nyata dari kasus pelecehan seksual yang dilalkukan pada anak-anak tunarungu di sekolah Gwangju Inhwa.

Hwang Dong-Hyuk dalam pembuatan film Silenced menghadapi berbagai tantangan, terutama bagaimana caranya agar menceritakan masalah yang tabu dengan cara yang terhormat, tanpa membuat rasa tersinggung di kalangan masyarakat.

Film ini akhirnya sukses dalam kritis dan komersial, tidak hanya itu, film ini juga membuka kembali perdebatan tentang hukuman kejahatan seksual yang dilakukan pada anak-anak. Dari dampak tersebut, dua bulan setelah rilis seperti dilansir dalam Korea Times, Pemerintah Kota Gwangju akhirnya menutup sekolah Gwangju Inhwa.

Selain itu, Silenced berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain 32nd Blue Dragon Film Award dalam kategori Best Music, dan KOFRA Film Awards dalam kategori Best Film.

Langkah Hwang Dong-Hyuk selanjutnya setelah membuat karya-karya yang dramatis, ia menyutradarai film bergenre komedi fantasi dengan judul “Miss Granny” (2014). Film ini menceritakan seorang nenek yang secara misterius kembali ke umur 20 tahun. Miss Granny sukses mendapatkan keuntungan sekitar 58 juta dolar AS.

Film karyanya tersebut diadaptasi oleh sutradara dari berbagai negara, seperti China dengan judul “20 Once Again” (2015), Vietnam dengan judul “Sweet 20” (2015), Thailand dengan “Suddenly Twenty” (2016), hingga India dengan judul “Oh! Baby” (2019).

squid gamePoster serial Squid Game (2021) (Foto: Netflix)

Setelah sukses dengan film Miss Granny, ia kemudian beralih ke drama sejarah dengan mengadaptasi novel terlaris Kim Hoon di “The Fortress” (2017). Film ini memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Best Director dan Best Film dari penghargaan Korean Association of Film Critics, dan Best Screenplay di Blue Dragon Film Awards.

Pada tahun 2021, ia kembali sukses dengan serial drama “Squid Game” dengan mengambil inspirasi dari permainan tradisional Korea. Ternyata, Hwang Dong-Hyuk sudah mulai menulis naskah Squid Game sejak tahun 2008, jauh sebelum memproduksi Silence dan The Fortress. Kemudian, naskah itu selesai di tahun 2009, di mana jika memproduksinya pada tahun tersebut, dianggap terlalu tabu, banyak kekerasan, dan tidak komersial.

Akhirnya, 10 tahun kemudian dengan kontrak bersama Netflix, Hwang Dong-Hyuk berhasil merilis kisah tersebut dan dijadikannya serial. Squid Game sukses memuncaki chart dalam layanan streaming di seluruh dunia.

Hwang Dong-Hyuk sampai saat ini belum menikah, dan sedang tidak mempunyai pasangan (dari berbagai sumber). []

- Alifia Adra

5 Fakta Menarik Squid Game, Series Korea Terbaru Netflix

Jung Ho Yeon, Model Internasional Aktor Film ‘Squid Game’

Sinopsis Squid Game, Serial Brutal yang Sedang Naik Daun

Drama Squid Game Bikin Penonton Penasaran

Berita terkait
Respon Pakar Politik Soal Risma Dituding Seperti Drama Korea
Begini respon pakar politik LIPI Wasisto Raharjo Jati soal tudingan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismahairi seperti drama Korea oleh kader partai.
0
Hwang Dong-Hyuk, Sutradara Drama Korea “Squid Game”
Tidak hanya sukses pada serial Squid Game, sutradara asal Korea ini sudah sukses dalam menyutradai film sejak tahun 2007