UNTUK INDONESIA
Kabar Baik: 1 PDP di Pematangsiantar Negatif Corona
Satu warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif Covid-19.
Posko Penanganan Covid-19 di Pematangsiantar bertempat di Ruang Data, Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar, Selasa, 24 Maret 2020. (Foto: Tagar/Anugerah Nasution)

Pematangsiantar - Satu warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif Covid-19 dan telah kembali usai menjalani isolasi di RSUP Haji Adam Malik Medan.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar dr Ronald Saragih kepada Tagar pada Selasa, 24 Maret 2020.

"Sudah kembali, kurang lebih seminggu perawatan di sana. Hasilnya negatif Corona," kata Ronald.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2K) Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, dr Erika Silitonga membenarkan terdapat satu orang yang tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Pematangsiantar sejak Senin, 23 Maret 2020.

Kalau yang di Adam Malik sudah kembali, sudah ada konfirmasi dari provinsi sama kita

Pasien tersebut kata Erika masih dalam perawatan dan pengawasan Dinas Kesehatan. 

"Kalau yang di Adam Malik sudah kembali, sudah ada konfirmasi dari provinsi sama kita. Kalau yang satu masih dirawat di rumah sakit dan masih dalam pemantuan kami," kata Erika.

Guna mengantisipasi penyebaran corona, Pemerintah Kota Pematangsiantar membuat sejumlah kebijakan seperti penyemprotan disinfektan di sejumlah ruang publik.

Posko Penanganan Covid-19 juga dididirikan di ruang data Pemko Pematangsiantar Jalan Merdeka. Dalam posko tersebut terdiri dari unsur pemerintah, TNI, Polri dan BPBD.

Kepolisian, TNI dan Satpol PP Kota Pematangsiantar juga telah mengeluarkan imbauan penutupan sejumlah tempat hiburan dan pusat keramaian. Kepala Satpol PP Robert Samosir mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan rutin.

“Kita harapkan pengusaha dapat memaklumi dan memahami kondisi ini. Saya imbau agar seluruh tempat keramaian, seperti kafe, restoran, karaoke, diskotik, agar mempersiapkan hand sanitizer dan wastafel untuk cuci tangan,” ujar Robert. []

Berita terkait
Anggota DPRD Siantar Marah-marah Disebut ODP Corona
Anggota DPRD Kota Pematangsiantar marah dan tidak terima diberi status Orang Dalam Pemantauan Corona.
Sekolah Libur 10 Hari, Siantar Masih Negatif Corona
Kampus perguruan tinggi dan sekolah di Kota Pematangsiantar memindahkan proses belajar di rumah masing-masing peserta didik.
Demam Tinggi, Satu PDP Dirawat di RS Swasta Siantar
Ada penambahan satu PDP sedang mendapatkan perawatan intensif di salah satu rumah sakit swasta di Pematangsiantar.
0
Bawa Pemudik, Armada ALS Tertahan di Pelabuhan Merak
PT Antar Lintas Sumatera (ALS) Tangerang yang masih mengoperasikan armada dan membawa penumpang pada 29 April 2020 terpaksa harus dihentikan.