Jumlah Kasus Covid-19 di Malaysia Tembus 1 Juta

Jumlah konfirmasi kasus positif virus corona (Covid-19) di Malaysia mencapai 1.013.438 dengan 7.994 kematian
Seorang dokter klinik mengumpulkan sampel swab Covid-19 dari seorang pasien di Selangor, Malaysia (Foto: channelnewsasia.com – File: AP/Vincent Thian)

Oleh: Syaiful W. Harahap*

Laporan situs independen, worldometer, tanggal 26 Juli 2021 pukul 03.35 WIB, menunjukkan jumlah konfirmasi kasus positif virus corona (Covid-19) di Malaysia mencapai 1.013.438 dengan 7.994 kematian. Kasus harian terbanyak dilaporkan tanggal 25 Juli 2021 yaitu 17.045. Tiga hari sebelumnya, 23 Juli 2021, jumlah kasus Covid-19 di Pakistan juga tembus 1 juta.

Di awal pandemi pemerintah Kerajaan Malaysia menolak melakukan lockdown dengan alasan akan menimbulkan kerugian yang besar, sehingga lockdown pun dilakukan secara parsial. Ketika itu yang jadi sasaran adalah kalangan pendatang yaitu pekerja migran sebagai ‘kambing hitam’.

Penyebaran Covid-19 di Malaysia juga diwarnai dengan varian Delta yang pertama kali terdeteksi di Kelantan. Kementerian Kesehatan Malaysia melalui sebuah tweet mendesak warga untuk lebih waspada terhadap risiko penyebaran varian Delta.

Seorang warga Kuala LumpurSeorang warga Kuala Lumpur melambaikan sehelai kaus putih sebagai tanda meminta pertolongan di tengah lockdown ketat yang diterapkan pemerintah Malaysia (Foto: bbc.com/indonesia – AFP/Getty Images)

Laporan channelnewsasia.com (25 Juli 2021) menyebutkan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021, Perdana Menteri (PM) Malaysia, Muhyiddin Yassin, mengatakan bahwa negara itu dapat melonggarkan beberapa pembatasan bagi orang-orang yang telah divaksinasi penuh Covid-19, termasuk mengizinkan mereka untuk makan di restoran.

Lebih lanjut PM Muhyiddin mengatakan, “Saya berharap ini (relaksasi) akan memberi ruang atau ruang bernapas bagi orang-orang untuk menjalani kehidupan yang sedikit lebih baik.” []

* Syaiful W. Harahap, Redaktur di tagar.id

Berita terkait
Malaysia Akan Izinkan Penjualan Vaksin Covid-19 Secara Komersial
Malaysia akan segera mengizinkan penjualan vaksin Covid-19 Sinopharm dan Sinovac secara komersial untuk tingkatkan vaksinasi
204 Pekerja dan Relawan Vaksinasi Covid-19 di Malaysia Terinfeksi
Malaysia menutup pusat vaksinasi Covid-19 setelah 204 dari 453 pekerja dan relawan terdeteksi positif Covid-19
Warga Malaysia Kibarkan Bendara Putih di Tengah Lockdown
Malaysia lockdown ketat demi redam penularan Covid-19, sejumlah warga kibarkan bendera putih minta tolong
0
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Rumah ini dituding merupakan hasil dari korupsi endemik selama bertahun-tahun.