UNTUK INDONESIA
Jalan Tol Padang - Pekanbaru Harga Diri Sumbar
Pembangunan Jalan Padang - Pekanbaru masih menunggu penetapan lokasi dari Kementerian PUPR.
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan Mantan Menteri BUMN Rini Soermarno ketika meninjau pengerjaan Tol Padang - Pekanbaru di tahun 2018. (Foto: Tagar/dok.Humas Sumbar/Rina Akmal)

Padang - Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru akan tetap dilanjutkan. Progresnya saat ini menunggu penepatan lokasi (penlok) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Harus diperjuangkan, sehingga ini menjadi kebanggaan warga Sumbar.

"Jika sudah ada penlok langsung dikeluarkan suratnya untuk dimulai," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, Selasa 26 November 2019.

Menurut Nasrul, kelanjutan proyek strategis nasional itu merupakan harga diri Sumbar. Dengan begitu, segala upaya akan dilakukan agar proses pembangunan tol tetap berjalan hingga selesai. Apalagi ground breaking pembangunannya sendiri langsung dilakukan Presiden Joko Widodo tahun 2018.

"Tentu harus diperjuangkan, sehingga ini menjadi kebanggaan warga Sumbar," katanya.

Dari informasi, pengukuran lahan untuk pembangunan tol Padang - Pekanbaru sudah sampai ke Kota Payakumbuh. Progresnya masih menunggu penlok Kementerian PUPR dari kilometer 4,2 ke kilometer 30.

Seperti diketahui, Jalan Tol Padang-Pekanbaru segmen I Duku - Sicincin sepanjang 30,4 kilometer ditargetkan beroperasi akhir 2020. Saat ini Kementerian PUPR tengah berupaya membebaskan seluruh lahan, sembari melakukan pekerjaan kontruksi.

Saat ini progres kontruksi ruas Tol Padang – Pekanbaru segmen I Padang – Sicincin baru mencapai 10,3 persen. Ruas ini merupakan bagian dari jalur tol Padang - Pekanbaru yang panjangnya mencapai 254,8 kilometer. Pembangunan jalan tol perdana di Sumbar ini membutuhkan investasi sebesar Rp 80,41 triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun (2018-2023). []

Berita terkait
Dua Bupati di Sumbar Dapat Tiket Pilkada 2020 PDIP
PDIP Sumatera Barat kembali mempercayakan dua kadernya yang kini menjadi kepala daerah untuk maju di pilkada 2020.
Peringatan ESDM Sumbar untuk Pembangun PLTMH Pessel
Pembangunan PLTMH di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dicurigai juga melakukan penambangan emas.
Dua Buronan Korupsi Sumbar Dijebloskan ke Penjara
Dua terpidana buron kasus korupsi di Sumatera Barat ditangkap di Pulau Jawa.
0
Bali Perpanjang Status Tanggap Darurat Covid-19
Gubenur Bali, I Wayan Koster melalui Ketua Satgas Covid-19, Dewa Made Indra mengumumkan perpanjangan status tanggap darurat Covid-19 di Bali.