3 Tipe Rest Area di Jalan Tol dan Perbedaan Fasilitasnya

Rest area terbagi menjadi tiga tipe, yakni tipe A, B, dan C
Ilustrasi rest area. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Rest area sering kita temui ketika melintasi jalan tol. Area ini selalu manfaatkan pengguna jalan tol untuk beristirahat. Ternyata, rest area memiliki tipe masing-masing.

Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dalam laman resminya menyebutkan, mcam-macam tipe rest area tertuang dalam Peraturan Menteri PUPR No 10 Tahun 2018 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol. Rest area terbagi menjadi tiga tipe, yakni tipe A, B, dan C. Hal itu sesuai dengan spesifikasi fasilitas yang tersedia di dalamnya. 

Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan memiliki fasilitas umum yang lengkap. Luasnya paling sedikit 6 hektar dengan lebar minimal 150 meter. Fasilitasnya meliputi ATM, Toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, Kios, Tempat Parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

Rest area tipe memiliki area yang lebih kecil dibandingkan tipe A. Luasnya paling sedikit 3 hektar dengan lebar minimal 100 meter. Fasilitasnya seperti ATM center, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir. Sedangkan untuk rest area tipe C, luasnya paling sedikit 2.500 meter persegi dan lebar paling sedikit 25 meter. Fasilitas yang tersedia meliputi toilet, warung atau kios, mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. []

Berita terkait
Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Siap Beroperasi Penuh
Presiden Jokowi berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Kalimantan Timur
Jokowi Resmikan Jalan Tol Dalam Kota Segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading
Jalan tol ini lengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari jalan tol lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta
Jalan Berliku 51 Pegawai KPK Usai Ditolak Firli Bahuri
Pimpinan KPK Firli Bahuri menolak permintaan sejumlah pegawai non-aktif KPK untuk mencabut berita acara tentang peserta yang tak lolos TWK.
0
Manfaatkan Promo Listrik Super Dahsyat Lewat PLN Mobile
Promo Super Dahsyat PLN Semarakkan Hari Listrik Nasional ke-76 dan berlaku Hingga 31 Oktober 2021 lebih dari 40 ribu pelanggan memanfaatkannya.