Insomnia? Simak Tips Berikut Agar Kalian Mudah Tidur

Namun, tenang ada beberapa cara agar kalian bisa mengatasi hal ini, simak uraian berikut.
Ilustrasi Tidur Dengan Nyanyak (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pada umumnya, orang yang mengalami insomnia akan kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak, kondisi ini menyebabkan kalian merasa tidak segar setelah bangun tidur. 

Insomnia menjadi masalah tidur yang paling banyak dialami oleh kalangan muda. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa mengalami gangguan tidur.

Seseorang dinyatakan insomnia apabila ia memerlukan lebih dari 30 menit untuk tidur selama setidaknya 3 malam dalam satu minggu pada minimal 3 bulan. Namun, tenang ada beberapa cara agar kalian bisa mengatasi hal ini, simak uraian berikut.


1. Turunkan suhu kamar tidur

Cara pertama agar tidur cepat adalah terkait dengan lingkungan tidur. Suhu tubuh akan berubah ketika kalian telah tertidur, suhu inti tubuh akan menurun sementara suhu pada tangan dan kaki akan meningkat. Cobalah untuk mengatur suhu kamar menjadi lebih sejuk (15–23°C).


2. Gunakan teknik pernapasan 4-7-8

Metode “4-7-8” merupakan teknik pernapasan sederhana, namun ampuh untuk meningkatkan ketenangan dan relaksasi. Metode ini dapat membuat kalian menjadi rileks dan membantu tertidur dengan cepat.


3. Buat dan patuhi jadwal tidur

Banyak orang membuktikan bahwa pengaturan jadwal tidur membantu agar tertidur lebih mudah. Tubuh memiliki sistem pengaturannya sendiri yang disebut irama sirkadian. Jam internal ini membuat tubuh merasa waspada di siang hari tetapi mengantuk di malam hari. 

Penting juga untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Waktu ini telah terbukti menjadi durasi tidur optimal untuk orang dewasa.

Terakhir, beri waktu 30 menit hingga satu jam untuk bersantai sebelum tidur. Durasi tersebut memungkinkan tubuh dan pikiran lebih rileks dan bersiap.


Matikan lampu kamar tidur

Mematikan lampu menjadi cara yang sangat sederhana, cahaya dapat memengaruhi jam internal tubuh yang mengatur untuk tidur atau tetap terjaga. Paparan cahaya yang tidak teratur bisa menimbulkan gangguan irama sirkadian, sehingga dapat membuat sulit tidur. Karena di malam hari, kegelapan memberikan perasaan kantuk. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur.


Dengarkan musik yang membuat rileks

Musik dapat secara signifikan meningkatkan kualitas tidur, hal ini dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis seperti insomnia. Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur, dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan lebih dalam.


Cobalah aromaterapi

Aromaterapi melibatkan penggunaan minyak esensial, umumnya digunakan oleh mereka yang sulit tidur, karena dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Berbagai cara di atas dapat kalian lakukan agar cepat jika merasa mengalami insomnia. Namun, apabila masih mengalami keluhan sulit tidur, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.[]


(Ahmad Asfa)

Baca Juga:

Berita terkait
Suka Mabuk Perjalanan? Ini 6 Makanan yang Bisa Membantu Mu
Rasa mual yang kalian rasakan ketika berkendara merupakan hal wajar dan banyak orang yang mengalami. Nah, inilah makanan yang bisa membantu mu.
5 Makanan yang Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Sehat
Sebenarnya Anda tak butuh skincare untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.
4 Makanan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker
Selain pola makan tidak tepat, ada beberapa jenis makanan yang berpotensi menjadi penyebab meningkatnya risiko kanker seperti di bawah ini.
0
Insomnia? Simak Tips Berikut Agar Kalian Mudah Tidur
Namun, tenang ada beberapa cara agar kalian bisa mengatasi hal ini, simak uraian berikut.