Ini Manfaat Centella Asiatica dan Cara Pakainya untuk Kulit

Ekstrak daun pegagan yang digunakan untuk skincare tersedia dalam produk krim, serum wajah, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit.
Manfaat Centella Asiatica. (Foto: Tagar/Istock)

Jakarta - Centella asiatica atau daun pegagan memiliki segudang manfaat untuk wajah. Ekstrak daun pegagan yang digunakan untuk skincare tersedia dalam produk krim, serum wajah, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit.

Kandungan aktif daun pegagan dapat menembus ke lapisan kulit dalam dan bekerja langsung pada sel-sel yang mengalami kerusakan. Berikut berbagai cara kerja Centella asiatica dalam mengatasi masalah kulit wajah.


1. Mengurangi jerawat

Centella asiatica punya manfaat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah, yaitu Propionibacterium acnes.

Tanaman ini mengandung senyawa madecassoside yang bekerja sebagai antimikroba, sekaligus membantu menekan proses peradangan pada jerawat.


2. Melembapkan kulit

Centella asiatica mampu menjaga kulit wajah tetap terhidrasi. Menurut studi yang terbit pada jurnal Indian Journal Of Pharmaceutical Sciences (2016), daun pegagan mengandung gula alami dan senyawa saponin serta polifenol.

Ketiga kandungan ini membantu memperkuat lapisan pelindung kulit atau skin barrier. Lapisan ini membantu menahan kadar air agar tidak menguap di lapisan kulit terluar.


3. Sebagai perawatan anti-aging

Centella asiatica dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang menyokong jaringan kulit agar tetap elastis.

Inilah alasan mengapa Centella asiatica menjadi salah satu zat aktif yang tidak pernah absen dari produk anti-aging.


4. Mengurangi efek kerusakan akibat matahari

Centella asiatica bermanfaat mengurangi efek kerusakan pada wajah akibat paparan sinar ultraviolet (UV) B pada matahari. Sinar UV B mampu merusak DNA pada jaringan terluar kulit sehingga kulit keriput.

Menurut penelitian terbitan jurnal Advances in Dermatology and Allergology (2013), kombinasi pemakaian ekstrak daun pegagan dengan vitamin C untuk kulit wajah selama 6 bulan bisa membuat kulit lebih kencang, elastis, lembap.


5. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung triterpenoid, asiaticoside dan madecassoside. Ketiganya adalah antioksidan yang mampu memperkuat jaringan kulit, memicu produksi kolagen, dan menghambat peradangan.

Untuk itu, Centella asiatica memiliki manfaat mengurangi kemerahan di wajah, memudarkan bekas luka, mempercepat pemulihan luka bakar, hingga menurunkan risiko infeksi luka. []

Berita terkait
Hilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dengan 6 Bahan Ini!
Flek hitam merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh perempuan. Nah berikut cara hilangkannya dengan bahan alami.
Cara Pakai Setrika Wajah Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan
Setrika wajah merupakan alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi. Ini cara pakainya.
Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah
Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.
0
Ini Manfaat Centella Asiatica dan Cara Pakainya untuk Kulit
Ekstrak daun pegagan yang digunakan untuk skincare tersedia dalam produk krim, serum wajah, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit.