UNTUK INDONESIA
Ikan Mati Kotori Perairan Danau Toba di Samosir
Beredar di media sosial grup WA foto dan video ikan mati di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Ikan mati tersebut merupakan bibit nila.
Bibit ikan nila mati di atas perairan Lontung, Desa Parmonangan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Senin, 22 Juni 2020. (Foto: WA Mendra)

Pematangsiantar - Beredar di media sosial grup WhatsApp, foto dan video ikan mati di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Disebut ikan mati tersebut bibit nila yang berasal dari keramba jaring apung milik salah satu perusahaan.

Semula foto dan video disebar di grup WA Pendukung Samosir Maju yang dibagikan pemilik akun Mendra. Pemilik akun ini bernama asli Drahmenra Situmorang, 28 tahun, warga Desa Parmonangan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Kepada Tagar, Mendra menyebut dia sengaja membagikan foto dan video tersebut ke grup media sosial guna menggugah kesadaran dan kepedulian siapa saja terhadap perairan Danau Toba.

Menurut dia, bibit ikan nila yang mati diperkirakan ribuan ekor mengapung pada Senin, 22 Juni 2020 sejak pukul 11.00 WIB. Dia menduga ikan-ikan mati itu berasal dari keramba jaring apung milik Aquafarm yang berada di perairan Lontung. Karena di sana menurut dia tidak ada warga membuka keramba.

"Dang adong warga pengusaha karamba apung di daerah i (tidak ada warga berusaha keramba apung di daerah itu). Hanya saja jonok hu karamba apung pt aqua Farm nusantara (namun dekat dengan keramba apung PT Aquafarm Nusantara)," katanya, Selasa, 23 Juni 2020.

Disebutkan, di sekitar perairan tersebut terdapat sejumlah KJA milik perusahaan Aquafarm, seperti di Silimalombu, Huta Ginjang, dan Sitio-tio.

Ditambahkan, selain ikan mengapung di air danau, warga juga menemukan ikan yang sudah mati di dalam goni. Dan akibat ikan-ikan mati tersebut menimbulkan bau busuk yang membuat warga di sekitar perairan Lontung termasuk di Desa Parmonangan merasa tidak nyaman.

Belum diperoleh keterangan resmi dari pemerintah setempat dan pihak perusahaan KJA terkait bibit ikan nila yang mati di perairan Lontung tersebut.[]

Berita terkait
Tanggung Jawab atas Ribuan Ikan Mati di Kulon Progo
PDAM Kulon Progo, Yogyakarta menebar ribuan benih ikan di sungai sebagai tanggung jawab atas kebocoran pipa yang menyebabkan ikan di sungai mati.
79 Ton Ikan Nila Mendadak Mati di Danau Maninjau
Puluhan ton ikan nila di karamba petani ikan Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mati mendadak.
Babi yang Mati, Pedagang Ikan Sibolga yang Merugi
Penemuan bangkai babi di salah satu tangkahan Kota Sibolga, berdampak buruk terhadap para pedagang ikan.
0
Terawan Lantik Prof. Abdul Kadir Sebagai Dirjen Yankes
Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto lantik Prof. Abdul Kadir sebagai Dirjen Pelayanan Kesehatan.