Idap Kondisi Medis Langka, Laki-laki Ini Terkejut Bisa Hamil

Dokter mengatakan laki-laki ini didiagnosa memiliki rahim dan tuba falopi seperti wanita. Belum lama ini Mikey mengumumkan sedang hamil.
Usia kehamilan Mikey Chanel saat ini 4 bulan. (Foto: Instagram/mikeychanel)

Jakarta - Seorang remaja bernama Mikey Chanel yang lahir dan dibesarkan sebagai laki-laki tak menyangka hidupnya akan berubah 360 derajat saat memeriksakan diri ke rumah sakit. Dokter mengatakan ia didiagnosa memiliki rahim dan tuba falopi seperti wanita. Belum lama ini Mikey mengumumkan sedang hamil.

"Saya sempat mengalami perasaan aneh setelah buang air kecil, sehingga saya ke dokter melakukan USG saluran kemih saya," kata Mikey, dikutip dari laman Mirror.co.uk.

Saya sangat terkejut, tapi bahagia. Saya tidak sabar untuk menjadi orangtua

Mikey didiagnosis Persistent Mullerian Duct Syndrome (PMDS), kondisi langka di mana seseorang memiliki alat kelamin luar pria, dengan alat reproduksi wanita di bagian dalam.

"Saya syok selama beberapa minggu, kemudian saya menyadari tidak akan memiliki anak kecuali saya sendiri yang mengandungnya. Saya selalu ingin menjadi orangtua. Saya dulu bermain dengan boneka bayi saat masih kecil dan selalu berpikir tentang punya anak di masa depan. Jadi saya memutuskan 'sekarang atau tidak sama sekali saya harus mencoba hamil'," tutur Mikey.

Dokter menyarankannya untuk menjalani prosedur histerektomi. Ia melakukan langkah-langkah agar meningkatkan kesuburan, termasuk ICSI, di mana sperma donor disuntik ke sel telur wanita agar terbentuk embrio yang telah dibuahi.

Saat ini Mikey sedang hamil empat bulan, dokter mengatakan kemungkinan untuk sukses hamil hingga melahirkan sebanyak 20%.

"Saya sangat terkejut, tapi bahagia. Saya tidak sabar untuk menjadi orangtua," ujarnya.

Remaja yang tinggal di Boston, Amerika Serikat ini memang sudah merasa berbeda sejak kecil. Ia tidak pernah merasa seperti anak laki-laki pada umumnya, bahkan dia tidak mengalami masa pubertas sebagai laki-laki.

Saat berusia lima tahun, Mikey kerap bermain dengan peralatan milik bibinya, dan memakai lipstik ibunya. Akibanya ia kerap mendapat perundungan di sekolah.

Tidak seperti anak laki-laki lainnya, Mikey hanya memiliki sedikit rambut di bagian wajah, dan mempunyai bentuk pinggul seperti wanita. Pada usia 13 tahun, Mikey akhirnya memutuskan dirinya sebagai gay.

"Saya merasa perlu ada lebih banyak penelitian [seperti kondisi dirinya], saya hanya mencoba mengedukasi orang tentang hal ini. Begitu orang memahaminya, ini bisa mematahkan stigma yang sangat besar tentang gender dan dalam komunitas LGBT," kata Mikey. (Viona Bono Valvinka)  

Berita terkait
Bisa Disontek, 6 Inspirasi Pakai Bibir Merah Merona ala Bae Suzy
Menawan ketika berakting juga dalam berpenampilan, Bae Suzy namanya. Apalagi ketika dipoles pakai bibir merah merona.
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
Menghindari Bulimia, Impian Tubuh Langsing Tak Sehat
Pernah melihat seseorang menyodok bagian amandel memakai jari agar merasa mual dan muntah? Kemungkinan orang yang Anda lihat mengalami bulimia.
0
Kabar Duka, Ayah Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi Meninggal Dunia
Kabar duka datang dari keluarga artis Oki Setiana Dewi dan Youtuber Ria Ricis. Ayah mereka, Sulyanto, meninggal dunia Jumat, 4 Juni 2021.