UNTUK INDONESIA
Hujan Guyur Gowa, Tinggi Air Bili-bili Masih Normal
Masyarakat Kabupaten Gowa diminta jangan percaya hoaks yang mengatakan Bendungan Bili-bili status waspada. Hingga kini ketinggian air masih normal.
Kondisi terkini Waduk Bili-bili masih di bawah normal. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Hujan dengan intesitas ringan hingga sedang mengguyur Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat 3 Januari 2020. Hujan yang mulai turun sejak pagi tadi berlangsung hingga jelang malam.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan, meski hujan berlangsung dengan cukup lama, namun dia memastikan ketinggian air di Bendungan Bili-bili, Desa Moncongloe, Kecamatan Bontomarannu masih dibawah batas normal.

Itu mungkin peringatan tahun lalu. Entah dari mana dan siapa yang mengedarkan informasi itu lagi.

Penegasan itu sekaligus mengkonfirmasi informasi yang beredar di media sosial. Dimana berseleweran informasi mengatasnamakan Bupati Gowa tentang status waspada bendungan Bili-bili membuat warga belantaran Sungai Jenneberang panik.

"Itu mungkin peringatan tahun lalu. Entah dari mana dan siapa yang mengedarkan informasi itu lagi. Saat ini kondisi di Bendungan Bili-bili, debit airnya masih dibawah batas normal," kata Adnan, Jumat 3 Desember 2019.

Adnan meminta kepada masyarakat untuk tidak terhasut dengan informasi tanpa sumber yang jelas. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mencari kebenaran jika menerima informasi.

Meskipun begitu, ia tetap mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Ia juga berharap masyarakat dapat meningkatkan intensitasnya dalam beribadah dan berdoa agar dihindarkan dari segala macam bencana.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Ir. Suparji mengatakan, hingga saat ini status Bendungan Bili-bili masih dibawah normal dengan Tinggi Muka Air (TMA) sebesar 80,35 mdpl dan volume 53.194 juta m3.

"Secara teknis, TMA yang normal berada pada angka 99 meter. Jika sudah di atas 100 meter, baru dalam status siaga. Artinya, bendungan harus membuka pintu airnya atau spilway tinggi-tinggi untuk mengurangi tekanan air pada dinding waduk," terangnya.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) Makassar menyebutkan perkiraan cuaca mulai Jumat hingga Sabtu besok di 18 kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa berpotensi hujan lokal, hujan sedang hingga hujan tebal dan dapat berpotensi kilat/petir.

Untuk suhu udara pun mulai dari 20 hingga 31°C, kelembapan udara 75 - 95 persen dan potensi angin: Barat Daya – Barat Laut 10 - 30 km/jam. []

Berita terkait
Siaga Bencana, Polisi Dirikan Posko Induk di Gowa
Polres Gowa mendirikan posko induk bencana di Mapolres Gowa. Posko ini didirikan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor
Posko Siaga Antisipasi Cuaca Ekstrim di Gowa
Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di Gowa, Pemkab sudah menyiapkan posko siaga. Posko ini untuk memberi respon cepat jika terjadi bencana.
Tiga Posko Siaga Banjir di Gowa
Tiga posko siaga banjir dibentuk pemkab Gowa untuk mengantisipasi kondisi terburuk akibat musim hujan.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya