UNTUK INDONESIA
Siaga Bencana, Polisi Dirikan Posko Induk di Gowa
Polres Gowa mendirikan posko induk bencana di Mapolres Gowa. Posko ini didirikan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor
Posko siaga bencana yang didirikan oleh Polres Gowa. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Polres Gowa, Sulawesi Selatan mendiri posko siaga bencana alam di halaman apel Mapolres Gowa. Posko ini adalah bentuk antisipasi jika terjadi bencana alam berupa banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gowa.

Tenda lapangan dan beberapa fasilitas cepat tanggap bantuan bencana alam disiagakan di halaman Mapolres Gowa. Beberapa sarana dan prasarana pendukung yang disiapkan diantaranya ban pelampung, perahu, baju pelampung, tali, chansaw, sembako dan berbagai peralatan lainnya turut disiapkan.

"Segala sarana dan prasarana tersebut disiapkan sebagai upaya tanggap darurat Polres Gowa, jika sewaktu-waktu terjadi bencana sekaligus untuk mempermudah pergerakan anggota menuju titik bencana guna membantu warga," kata Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, Jumat 3 Januari 2020.

Kami berupaya sesegera mungkin mendirikan posko ini dengan harapan dapat bertindak cepat.

Dimana diketahui, pada musim hujan awal tahun 2019 lalu, Kabupaten Gowa dilanda benjir bandang di daerah dataran rendah dan tanah longsor di daerah dataran tinggi. Puluhan korban tewas dan kerusakan infrastruktur, khususnya jembatan ambruk.

Boy Samola mengatakan, belajar dari pengalaman itu, posko siaga bencana Polres Gowa diupayakan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam di Kabuoaten Gowa.

Boy Samola melanjutkan, bahwa di beberapa titik rawan bencan sudah ada posko gabungan, namun Polres berinisiatif untuk membantu posko terpadu lainnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Kami berupaya sesegera mungkin mendirikan posko ini dengan harapan dapat bertindak cepat dan merespon permintaan warga jika ada bencana alam," tambah Boy.

Posko ini didirkan memasuki puncak musim hujan pada Bulan Januari dan Desember 2020 berdasarkan imbauan BMKG. Boy Samola mengatakan, Kabang Ops beserta jajaran, Sabhara, dan personil lainnya bekerja sama mendirikan posko siaga bencana Polres Gowa. []

Berita terkait
Posko Siaga Antisipasi Cuaca Ekstrim di Gowa
Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di Gowa, Pemkab sudah menyiapkan posko siaga. Posko ini untuk memberi respon cepat jika terjadi bencana.
Sarung Khas Gowa Cora La'ba Kembali Eksis
Sarung khas Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan jenis cora laba kembali menggeliat. Cora laba merupakan tenun sutra dengan motif besar.
Tiga Posko Siaga Banjir di Gowa
Tiga posko siaga banjir dibentuk pemkab Gowa untuk mengantisipasi kondisi terburuk akibat musim hujan.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya