Hilangkan 4 Kebisaan Buruk Ini Saat Berkendara Sepeda Motor

Beberapa kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang, seperti membawa barang-barang yang berlebihan. Hilangkan 4 kebiasaan ini.
Ilustrasi - Pengendara motor. (Foto: Tagar/ Unplash/Artem Beliaikin)

Jakarta – Berkendara dengan sepeda motor tentunya merupakan kegiatan yang cukup berbahaya, karena dapat memunculkan potensi kecelakaan pada pengguna sepeda motor ini.

Sudah seharusnya berkendara dijalan raya wajib mematuhi peraturan yang ada maupun itu motor, mobil, dan lain-lainnya. Dengan adanya peraturan tersebut pastinya akan membuat pengendara terhindar dari potensi kecelakaan.

Namun, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang, seperti membawa barang-barang yang berlebihan. 

Pastinya hal itu akan membuat motor bekerja lebih keras lagi karena membawa barang dengan muatan yang berlebihan. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari dalam mengendarakan sepeda motor.


1. Tidak menggunakan helm

Hal ini sering dilakukan bagi pengguna motor, dengan alasan jarak yang sedang ditempuh dekat sehingga tidak perlu menggunakan helm. Tentunya ini merupakan kebiasaan buruk bagi pengendara sepeda motor yang akan membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Maka dari itu sangat diwajibkan untuk menggunakan helm kemanapun anda pergi dan jangan jadikan jarak tempuh sebagai alasannya.


2. Memodifikasi motor

Modifikasi sepeda motor merupakan sebuah hobby untuk sebagian orang, namun berbahaya juga jika menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi berlebihan di jalan raya. 

Tentunya akan meningkatkan potensi kecelakaan serta motor yang dimodifikasi seperti mengganti knalpot, mesin, lampu, dan dimensi tersebut pastinya sudah melanggar undang-undang.

Akan lebih baik jika motor modifikasi tersebut dibawa ke pameran otomotif untuk dipertunjukkan di sana, namun sangat dilarang untuk di kendarai di jalan raya.


3. Memutar gas sampai dalam

Kebiasaan ini biasa dilakukan pengendara motor pada saat selesainya lampu merah, mereka biasanya langung memutar gas sampai dalam. Tentunya hal ini akan merusak komponen-komponen pada mesin motor seperti roller, v-belt, dan bahan bakar akan terkuras dengan lebih banyak.

Disarankan bagi pengguna yang memiliki kebiasaan ini sebaiknya memutar gas dengan perlahan, jangan langsung memutar gas sampai dalam.


4. Melanggar lalu lintas

Kebiasaan buruk ini mungkin sudah terdengar biasa bagi sebagian orang, namun hal ini sangat berbahaya untuk dilakukan. Pasalnya lalu lintas dibuat untuk mencegahnya kecelakaan terjadi.

Namun pengendara yang melanggar lalu lintas akan dikenakan sanksi tilang. Jadi, wajib hukumnya bagi pengendara apapun untuk mematuhi lalu lintas yang ada.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Atlet Personil Basarnas Raih Medali Emas Eksebisi Paramotor
cabor eksebisi paramotor PON XX Papua yang dilaksanakan di Klaster Merauke, dua staf Badan SAR Nasional (Basarnas) raih medali emas.
Benelli Motor Indonesia (BMI) Resmikan Pabrik Baru di Bogor
Benelli Motor Indonesia (BMI) resmikan pendirian pabrik baru di kawasan Klapanunggal Kab Bogor, Jawa Barat yang akan produksi motor listrik.
Mengenal Jenis Lampu pada Kendaraan Bermotor
Lampu merupakan salah satu elemen terpenting dari kendaraan bermotor. Berikut ini merupakan jenis-jenis lampu yang beredar dipasaran saat ini.
0
Hilangkan 4 Kebisaan Buruk Ini Saat Berkendara Sepeda Motor
Beberapa kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang, seperti membawa barang-barang yang berlebihan. Hilangkan 4 kebiasaan ini.