Hari Susu Sedunia, Simak Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan

Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk terus memperkenalkan manfaat susu bagi kesehatan tubuh manusia.
Ilustrasi - Hari Susu Sedunia. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, bertujuan untuk terus memperkenalkan manfaat dan produk susu ke seluruh dunia bagi kesehatan.

Hari Susu Sedunia pertama kali dicetuskan pada 2001, oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Awalnya Hari Susu Sedunia diperingati untuk merayakan sektor susu. Sejak saat itu, setiap tahunnya manfaat susu dan produk susu secara aktif dipromosikan ke seluruh dunia.

Berdasarkan Healthline, kandungan secangkir susu sapi 244 gram mengandung 146 kalori, 8 gram protein, 8 gram lemak, kalsium 28 persen dari AKG, vitamin D, vitamin B12, kalium, dan zat besi.

Susu sapi juga nikmat disajikan bersama makanan lainnya. Tinggal pilih mau hangat atau disajikan dengan es batu, manfaatnya tetap bisa dirasakan.

Bertepatan dengan Hari Susu Sedunia, Tagar merangkum beragam manfaat susu sapi bagi kesehatan.

  • Menjaga jantung sehat

Susu merupakan sumber potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan Medical News Today, konsumsi potasium diikuti dengan mengurangi asupan natrium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah stroke.

Namun, susu sapi mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol yang berkontribusi dalam penyakit jantung, sebaiknya konsumsi produk olahan susu secukupnya atau ikuti saran ahli gizi Anda.

  • Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2 dalam susu telah diasosiasikan dengan kesehatan tulang dan gigi.

Sekitar 99 persen kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Sementara susu kaya akan kalsium dan vitamin yang membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  • Membentuk otot

Susu sapi dapat membantu pertumbuhan otot, karena kaya akan protein kualitas tinggi, susu sapi bisa menjadi salah satu sumber energi. 

Namun, meminum susu saja tidak lantas membentuk otot. Diperlukan latihan berkala dan konsumsi makanan sehat lainnya untuk membentuk massa otot.

  • Membantu mencegah penambahan berat badan

Asupan susu rutin dan berkala menurunkan risiko obesitas, tapi manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni.

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Kandungan proteinnya yang tinggi membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Kemudian kandungan asam linoleat dalam susu juga meningkatkan penurunan berat badan dengan mendorong pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

  • Mencegah depresi

Bagi kamu yang suka depresi mungkin disarankan untuk konsumsi susu, karena tingkat vitamin D yang memadai mendukung produksi serotonin, si hormon yang membuat suasana hati cerah dan bahagia. Minum susu secara langsung bisa meningkatkan mood dan mencegah depresi.

  • Mencegah kanker

Tidak hanya dapat mencegah depresi ternyata susu sapi dapat mencegah kanker, karena susu mengandung kalsium dan vitamin D, dua nutrisi ini dikenal dapat mencegah kanker.

Kalsium dapat melindungi lapisan usus untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Meski beberapa penelitian juga mengaitkan kelebihan kalsium menyebabkan kanker prostat.

Sementara vitamin D berperan dalam regulasi pertumbuhan sel, kandungannya dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus, prostat, dan kanker payudara. []

Berita terkait
Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda
Menjaga kesehatan jantung di masa muda sangat penting agar di hari tua nanti organ tubuh ini bisa bekerja dengan baik.
Tujuh Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh
Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah khasiat bersepeda.
Tujuh Manfaat Cabai, Salah Satunya Memperpanjang Umur
Cabai terbukti memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Setidaknya ada tujuh manfaat dari tumbuhan anggota genus Capsicum ini.
0
Hari Susu Sedunia, Simak Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan
Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk terus memperkenalkan manfaat susu bagi kesehatan tubuh manusia.