Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Menjaga kesehatan jantung di masa muda sangat penting agar di hari tua nanti organ tubuh ini bisa bekerja dengan baik.
Ilustrasi serangan jantung. (foto: hallosehat.com)

Jakarta - Menjaga kesehatan jantung di masa muda sangat penting agar di hari tua nanti organ tubuh ini bisa bekerja dengan baik. Jangan sampai di usia muda tubuh sudah lunglai, sehingga berbagai penyakit seperti stroke hingga jantung mudah menggerogoti. 

Anak muda yang sudah menginjak usia 20 tahunan perlu tetap waspada terhadap serangan penyakit jantung. Sebab berdasarkan fakta, 1 dari 10 orang di Amerika yang berusia 20 hingga 39 tahun sudah diserang penyakit jantung. 

Biasanya penyakit jantung bisa menggerogoti tubuh anak muda karena disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tidak diperhatikan, kurang berolahraga, atau kebiasan buruk lainnya. Meski usia masih muda, sebaiknya Anda mulai mengubah pola hidup sehat karena itu akan menjadi investasi di hari tua. 

Berikut Tagar merangkum dari berbagai sumber mengenai cara menjaga kesehatan jantung sejak usia dini.

1. Jangan Merokok dan Hindari Asap Rokok

Bila sudah memasuki usia remaja, kebanyakan mereka sudah mulai mencoba merokok. Sekarang inilah saatnya untuk Anda berhenti dengan kebiasaan buruk tersebut. 

Menurut American Heart Association, paparan asap rokok berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.

Lebih memprihatinkan lagi, jika orang yang bukan perokok tetapi memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, justru berisiko lebih besar terserang penyakit jantung apabila mereka menghirup asap rokok orang lain. Ini karena kandungan kimia dalam asap rokok bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri. 

2. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup setiap harinya mampu menjaga kesehatan jantung. Bila di usia muda Anda tidak mengatur kualitas tidur, tentu berisiko pada serangan penyakit kardiovaskular. 

Sebuah studi meneliti 3.000 orang dewasa berusia di atas 45 tahun yang waktu tidurnya kurang enam jam setiap hari berisiko tinggi terkena serangan jantung hingga stroke. Bahkan, sejumlah penelitian menyatakan tidur terlalu sedikit bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti peradangan dan tekanan darah. 

3. Batasi Konsumsi Makanan Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Bila ingin menjaga kesehatan jantung, Anda harus mulai membatasi konsumsi makanan lemak jenuh dan lemak trans. Lemuk jenuh tersebut antara lain produk susu dengan lemak tinggi, daging unggas, dan daging merah. 

Konsumsi lemak jenuh secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan tubuh, seperti meningkatnya kolesterol jahat, peradangan, serta resistensi insulin. Masalah kesehatan ini bisa berisiko pada penyakit diabetes melitus, stroke, dan jantung.  

Bagi Anda yang menyukai makanan daging dan susu, ada baiknya pilihlah yang rendah lemak. Jika Anda ingin mengolah makanan, disarankan menggunakan minyak zaitun dan minyak canola. 

4. Memperbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah 

Jenis makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pastikan sayuran dan buah-buahan masuk ke dalam menu harian Anda agar tubuh selalu sehat dan bugar setiap hari.

5. Olahraga Rutin

Disarankan sejak dini harus berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat olahraga juga sangat banyak, yaitu menurunkan tekanan darah, meminimalisir gagal jantung, membantu mengelola stres, hingga ampuh meningkatkan mood

jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, yaitu kardiovaskular atau aerobik seperti bersepeda, lari, jalan kaki, lompat tali, atau mengikuti kelas aerobik. Selain itu, Anda juga bisa mengangkat barbel yang ada di gym. 

Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari guna untuk menjaga kesehatan jantung di usia muda. Dengan menjalankan cara tersebut, dipastikan kesehatan jantung Anda dapat terjaga hingga usia tua. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Memilih Pakaian Bersepeda yang Ideal
Sebelum hendak bersepeda, ada baiknya mempersiapkan kelengkapan peralatan, seperti memilih pakaian yang ideal untuk dikenakan agar terasa nyaman.
Tips Merawat Gigi Anak di Era New Normal
Dokter Spesialis Kesehatan Gigi Anak Avianti Sectiotania mengatakan era new normal ini peran orang tua bagi kesehatan gigi anak sangat penting.
Tips Memakai Kosmetik yang Benar Saat Pandemi Corona
Menghadapi new normal selama pandemi Corona, para perempuan diingatkan untuk mengetahui cara memakai kosmetik yang benar agar tidak kena Corona.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.