Tujuh Manfaat Cabai, Salah Satunya Memperpanjang Umur

Cabai terbukti memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Setidaknya ada tujuh manfaat dari tumbuhan anggota genus Capsicum ini.
Ilustrasi cabai merah. (Foto : Unsplash/Alexander Schimmeck)

Jakarta – Cabai yang merupakan tumbuhan anggota genus Capsicum ini digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu. Tidak sedikit masyarakat Indonesia menyukai makanan yang mengandung cabai. 

Seperti yang diketahui cabai memiliki rasa yang pedas, tetapi ternyata memiliki manfaat yang baik juga bagi kesehatan tubuh. Nutrisi dalam cabai yang bermanfaat itu antara lain. karbohidrat, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air, dan capsaicin.

Baca Juga:

Walaupun banyak nutrisi yang baik dalam cabai, mengkonsumsinya berlebihan juga tidak baik untuk pencernaan. Dalam mengolah cabai pun kita juga perlu berhati-hati, jangan sampai yang busuk juga masuk dalam olahan. Bagi anak-anak, sebaiknya diberikan secara bertahap untuk mengenali rasa pedas dari cabai.

Berikut beberapa manfaat cabai untuk kesehatan yang dikonsumsi sewajarnya, dikutip Tagar dari tinjauan dr. Allert Benedicto Ieuan Noya di Alodokter.

1. Mengatasi hidung tersumbat

Jika sedang flu, rasanya sulit untuk bernafas karena hidung tersumbat. Memakan makanan pedas yang mengandung cabai ternyata dapat melegakan hidung tersumbat. Apalagi ditambah dengan kuah panas, seperti memakan bakso dengan cabai. Hal tersebut membuat hidung terasa lebih lega karena hawa panas serta pedas yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Tetapi, jangan lupa untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

SambalSalah satu contoh sajian makanan yang dipadukan dengan sambal berbahan dasar cabai. (Foto : Instagram/resepsambalkita)

2. Meredakan nyeri

Kandungan yang berada dalam nutrisi cabai salah satunya ada capsaicin untuk meredakan rasa sakit. Jarang orang mengetahui, ternyata kandungan ini yang kerap dimasukkan ke dalam salep ataupun krim pereda nyeri otot dan sendi. Jika sedang merasakan pegal, lalu mengoleskan salep atau krim yang mengandung capsaicin ini, akan merasakan sensasi panas. Namun, nyeri otot dan sendi yang dirasakan itu dapat berkurang.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan lainnya dalam cabai adalah vitamin C, ternyata manfaatnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C ini juga dikenal baik untuk kesehatan kulit manusia.

4. Mengurangi resiko terserang penyakit jantung

Walaupun penelitiannya masih dilakukan lebih lanjut, kandungan capsaicin lainnya yang terdapat dalam cabai, dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, capsaicin ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

CabaiBerbagai macam bentuk dan warna dari cabai. (Foto : Unsplash/Artem Beliaikin)

5. Mencegah penyakit kanker

Kandungan karotenoid pada cabai memiliki sifat antioksidan. Oleh karena itu, jika mengkonsumsinya, kita dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Tetapi, sejumlah penelitian masih dilakukan lebih lanjut terkait peran cabai dalam melawan sel kanker ini.

6. Membakar lemak tubuh

Seperti yang sudah diingatkan sebelumnya, jika mengonsumsi cabai yang berlebih sangat tidak baik bagi pencernaan manusia. Tetapi jika mengonsumsi dengan takaran secukupnya, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan adanya kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai yang mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak pada tubuh manusia.

Baca Juga:

7. Memperpanjang umur

Menurut penelitian, orang yang telah mengkonsumsi makanan pedas dalam waktu minimal sekali dalam satu minggu, cenderung dapat memperpanjang umur. Walaupun fakta ini masih terdengar asing, tetapi tidak ada salahnya memakan makanan pedas yang mengandung cabai setidaknya sekali dalam seminggu. Namun bagi yang tidak kuat dengan rasa pedas, tipsnya adalah mengonsumsi makanan bertepung seperti roti atau minum susu setelah makan yang mengandung cabai. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
10 Jenis Teh Herbal Berkhasiat Baik untuk Kesehatan
Berikut Tagar rangkumkan 10 jenis teh herbal yang memiliki khasiat baik untuk tubuh, dikutip dari laman Healthline.
Catat 7 Khasiat Mengejutkan Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
Selain untuk mencegah kantuk, ternyata kopi memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.
0
Hari Susu Sedunia, Simak Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan
Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk terus memperkenalkan manfaat susu bagi kesehatan tubuh manusia.