UNTUK INDONESIA
Harga Cabai dan Bawang Merah di Aceh Barat Melambung Tinggi
Harga cabai dan bawang merah di Kabupaten Aceh Barat merangkak naik.
Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. (Foto:Tagar/Vinda Eka Saputra).

Aceh Barat - Harga cabai dan bawang merang di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, merangkak naik sejak sepekan terakhir. Kondisi ini dipicu minimnya stok cabai dan bawang lokal.

Cuaca menjadi faktor penyebab kenaikan harga cabai dan bawang.

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Mahdi. “Cabai merah sebelumnya kami jual Rp 25 ribu per kilogram, sekarang Rp 45 rib per kilogram. Kemarin sempat mencapai Rp 55 ribu,” katanya, Senin, 19 Oktober 2020.

Sementara bawang merah kampung dari Rp 30 ribu per kilogram kini menjadi Rp 35 ribu. “Cuaca menjadi faktor penyebab kenaikan harga cabai dan bawang. Mungkin ada petani cabai yang tidak memetik cabai dalam cuaca ekstrem,” katanya.

Jika cuaca buruk terus berlanjut dengan intensitas hujan, stok cabai akan berkurang dan terbatas. Sebab, cuaca buruk juga menghambat proses penanaman dan panen. “Stok bawang merah dari Padang, bawang lokal di sini kurang," katanya.

Menurutnya, stok cabai merah dan bawang merah di Pasar Bina Usaha Meulaboh dan termasuk di kios miliknya sendiri hanya akan bertahan selama seminggu kedepan.[]



Berita terkait
Remaja Aceh Barat Pembuat Batako dengan Upah Rp 1.000
Dua remaja di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, bekerja sebagai pembuat batako dengan upah Rp 1.000 per batang.
Sejumlah Ruko di Aceh Barat Ludes Dilalap Api
Sejumlah Rumah Toko (Ruko) di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, hangus terbakar, Jumat 16 Oktober 2020.
Trauma Gempa Masih Membekas di Aceh Barat
Sebagian warga di Aceh Barat masih trauma saat gempa terjad. Mereka mengingat kembali kejadian bencana tsunami 2004 silam.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.