UNTUK INDONESIA
Habib Luthfi, Ulama NU Jadi Wantimpres Jokowi
Ulama NU, Maulana al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi terpilih menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jokowi.
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Maulana al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi dilantik bersama delapan tokoh lainnya yang terpilih untuk mengemban amanah sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024, pada Jumat, 13 Desember 2019 di Istana Negara, Jakarta.

Habib Luthfi: Saya kenal Jokowi bukan baru-baru ini, sudah lama, sejak masih jadi Wali Kota Solo.

Nantinya, Habib Luthfi bekerja di bawah arahan Ketua Wantimpres Wiranto, untuk bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Habib Luthfi adalah seorang tokoh agama atau pendakwah kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, 10 November 1947. 

Dia lahir dari pasangan al Habib al Hafidz Ali al Ghalib dan ibu seorang syarifah (keturunan nabi) bernama Sayidah al Karimah. Jika ditelusuri silsilah ayahnya, al Habib Ali, juga merupakan keturunan dari Nabi Muhammad SAW.

Pendalaman agama pertama yang didapat oleh suami dari Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya itu didapat dari sang ayah, al Habib Ali. 

Kemudian, Habib Luthfi melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren (Ponpes) Roudlotul Mubtadiin, di Balekembang, Jepara, yang diasuh oleh ulama ternama KH Abdullah Hadziq Bin Hasbullah.

Baca juga: Massa FPI-PA 212 Teriakkan Siap Mati Syahid

Setelah lulus dari Roudlotul Mubtadiin, Habib Lutfi melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Salafiah selama 3 tahun. Pada tahun 1959, ulama berusia 72 tahun ini melanjutkan pendidikannya ke pondok pesantren Benda Kerep di Cirebon

Kemudian, bapak lima anak itu melanjutkan pendidikannya ke Madinah di Arab Saudi dan negara-negara timur lainnya untuk memperdalam ilmu agama bersama ulama-ulama besar dan para wali.

Wantimpres Habib LuthfiWantimpres Habib Luthfi (foto: YouTube/Ahbaburrosul Indonesia).

Dari pendidikan yang telah ditempuhnya, Habib yang aktif sebagai anggota Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menerima ijazah khas dan ijazah ‘Am dalam dakwahnya dan menyebarkan syariah, thariqah, tasawuf, tafsir, sanad, riwayat, dirayat, nahwu, kitab-kitab tauhid tasawuf, hizib-hizib, kitab-kitab shalawat, nasab, dan kitab-kitab kedokteran.

Sosok yang dikenal ramah, tidak pernah menutup pintu rumahnya untuk menerima tamu dari berbagai kalangan itu juga pernah mengambil pendidikan thariqah dan hirqah muhammadiah.

Dia memiliki ijazah untuk membaiat dan menjadi mursyid, serta bertanggungjawab memimpin murid dan membimbing perjalanan rohani murid.

Dalam sebuah peringatan Maulid Nabi yang digelar di gedung Kanzus, Pekalongan, Jawa Tengah pada 2017 lalu, Habib Luthfi pernah mengatakan kalau dia sudah mengenal Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo.

Habib Luthfi-JokowiHabib Luthfi dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: ist).

Kala itu, Presiden Jokowi juga hadir dan terlihat menggandeng Habib Luthfi. “Saya kenal Jokowi bukan baru-baru ini, saya kenal Pak Jokowi sudah lama, sejak masih jadi Wali Kota Solo,” ujarnya.

Selain Jokowi, dia juga dekat dengan sejumlah tokoh nasional seperti, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Anies Baswedan dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Nama terakhir bahkan sempat beberapa kali mengunjungi kediaman Habib Luthfi di Pekalongan, Jawa Tengah, khususnya ketika perayaan Maulid Nabi.

Baca juga: Pernusa: Dulu FPI Ditakuti, Sekarang Macan Ompong

Pada 2014 lalu, dia pernah memberikan sorban yang sering dipakainya kepada SBY. Presiden RI ke-6 itu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Habib Luthfi atas dedikasinya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tercatat, habib berusia 72 tahun ini masuk dalam jajaran 500 muslim paling berpengaruh tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Royal Islamic Strategic Studies Center, Amman, Jordania. Dalam daftar tersebut, Habib lutfi menempati posisi ke- 37.

Dalam sebuah Konferensi Ulama Sufi Internasional yang digelar di Pekalongan pada 8-10 April 2019, Habib Luthfi dipilih sebagai Ketua Forum Sufi Internasional. Konferensi tersebut dihadiri sekitar 80 ulama tasawuf dari 35 negara.

Selain ilmu agama yang tidak perlu diragukan lagi, Habib yang menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah ini juga terampil memainkan beberapa alat musik, salah satunya piano. Dia memiliki sebuah studio mini di kediaman pribadinya.

Beberapa bulan lalu, Habib Luthfi sempat menghadiri konser Yanni, saat musisi asal Yunani itu tampil di Prambanan Jazz 2019 di Candi Prambanan, Yogyakarta. []

Berita terkait
Soekarwo Layak Jadi Wantimpres
Dengan pengalamannya di bidang pemerintahan, Soekarwo dinilai layak masuk dalam susunan Wantimpres Jokowi.
Soal Wantimpres, Jokowi Tak Perhatikan Muhammadiyah
Muhammadiyah sebut pengangkatan sejumlah Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menunjukkan pemerintah berpihak kepada konglomerat.
Alasan Jokowi Pilih 9 Wantimpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya alasan tersendiri dalam melantik 9 Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), berlatar politik-pengusaha-agama.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.