Habib Ja'far di Mata Warga Kudus, Pernah Ludahi Sumur Kering

Sosok Habib Jafar dikenal dekat dengan semua kalangan di Kudus. Pernah sumur kering milik seorang warga diludahi dan air langsung keluar.
Mendiang Habib Ja\'far saat memimpin doa di sebuah acara pengajian. Warga Kudus begitu kehilangan dengan sosok ulama kharismatik tersebut. (Foto: Tagar/Istimewa)

Kudus - Habib Ja'far bin Muhammad Al Kaff merupakan sosok yang kiprah semasa hidupnya dikagumi banyak kalangan. Banyak kisah inspiratif dan menarik dari sosok sang ulama kharismatik yang begitu dikenang warga Kudus, Jawa Tengah.

Mulai dari kenangan sikap Habib Ja'far yang humoris, nasionalis dan begitu peduli dengan sesama. Bahkan terselip cerita unik nan nyleneh dari almarhum yang pernah meludahi sumur kering hingga memunculkan sumber air.

Anggota Komisi D DPRD Kudus, Ahmad Yusuf Roni mengaku beberapa kali bertemu dengan Habib Ja'far di sejumlah kegiatan di Kabupaten Kudus. Walau tak banyak kisah yang terukir di antara keduanya, Yusuf mengaku Habib Ja'far merupakan sosok yang begitu inspiratif.

"Kalau kisah yang menarik mengenai beliau saya belum punya. Atau mungkin saya yang tidak sadar ya," ujarnya, Sabtu, 2 Januari 2020.

Sosoknya humoris dan begitu peduli dengan siapapun. Khususnya pada fakir miskin.

Menurut Yusuf, Habib Ja'far merupakan sosok ulama panutan. Sifat zuhud almarhum perlu diteladani dan diikuti masyarakat. Terlebih semangat nasionalisnya, terbukti Habib Ja'far selalu menyisipkan doa-doa kebaikan untuk bangsa Indonesia.

"Beliau senantiasa mendoakan bangsa Indonesia agar aman dan perekonomiannya gampang. Doa itu selalu beliau panjatkan dalam setiap acara-acara pengajian di manapun berada. Ini yang membuat saya terkagum-kagum dengan beliau," jelas Yusuf.

Senada dengan Yusuf, vokalis grup rebana Al Mubarok, Ashfal Maula atau yang populer disapa Gus Apang juga memiliki kenangan tersendiri akan sosok Habib Ja'far. 

"Beliau sosok yang bisa dekat dengan lapisan masyarakat di level manapun. Sosoknya humoris dan begitu peduli dengan siapapun. Khususnya pada fakir miskin," tuturnya.

Terpisah, Muhammad Bahauddin, warga Desa Demangan, Kecamatan Kota ternyata menyimpan kisah menarik mengenai Habib Ja'far Al Kaff. Dalam postingan story Whatsapp pribadinya, dia bercerita jika Habib Ja'far pernah pernah meludahi sumur di rumahnya.

"Keramat lg dr bib ja'far : ktk habib main k rumah dan pas waktu kemarau panajang dan sumur tdk ada air, beliau meludahi sumur saya, seketika air memancar," tulisnya.

Baca juga: 

Menurut Bahauddin, sumur yang pernah diludahi Habib Ja'far saat ini airnya tidak pernah habis. Bahkan ketika kemarau panjang terjadi dan mengeringkan sumur-sumur tetangganya.

"Alhamdulillah berkat bib ja'far meskipun kemarau panjang sumur tdk pernah habis walau tetangga lainnya sdh habis g ada air," imbuh dia.

Diketahui, Habib Ja'far Al Kaff meninggal di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat, 1 januari 2021. Jenazahnya disalatkan di rumah duka dan selanjutnya dimakamkan di TPU Ploso Kudus, Sabtu, 2 Januari 2021. []

Berita terkait
Gema Lantunan Tahlil Iringi Pemakaman Habib Ja'far di Kudus
Jenazah Habib Jafar Al Kaff dimakamkan di TPU Ploso Kudus. Gema lantunan tahlil mengiringi prosesi pemakaman.
Ragam Perilaku Jazab Habib Ja'far Kudus yang Dialami Ganjar
Habib Jafar al Kaff dikenal dengan perilaku jazab. Berikut ragam tingkah nylenehnya yang pernah dialami Gubernur Ganjar Pranowo.
Profil Habib Ja’far Al-Kaff, Sosok Ulama Kharismatik Kudus
Habib Jafar Al Kaff juga disebut sebagai wali Allah yang besar, maqamnya adalah Majdub.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.