Profil Habib Ja’far Al-Kaff, Sosok Ulama Kharismatik Kudus

Habib Jafar Al Kaff juga disebut sebagai wali Allah yang besar, maqamnya adalah Majdub.
Habib Ja’far bin Muhammad Al-kaff. (Foto: Tagar/Google.com/hwmi.or.id)

Jakarta - Ulama kharimastik asal Jawa Tengah, Habib Ja’far bin Muhammad Al-kaff telah mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat sore, 1 Januari 2021 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh murid dari Habib Ja’far, Muhammad Choirul Rois yang mengatakan sang guru telah meninggal di Samarinda dan rencana pemakamannya dibawa ke Kudus.

“Sore jam lima tadi, meninggal di Samarinda, ini rencana dibawa ke Kudus,” ujarnya pada Jumat malam, 1 Januari 2021.

Ia menyampaikan juga bahwa jenazah Ja’far akan dimakamkan pada Sabtu siang, 2 Januari 2021 di Pemakaman Umum di Ploso.

“Pemakaman sekitar Sabtu siang, di Pemakaman Umum di Ploso. Tadi saya sempat ikut rapat dengan keluarga,” tuturnya.

Profil Habib Ja’far

Ulama dengan nama lengkap Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid bin Umar Alkaff tersebut dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Dirinya dikenal sebagai ulama karismatik. Ia juga disebut sebagai wali Allah yang besar, maqamnya adalah Majdub. 

Habib Ja’far merupakan asli Kudus, dirinya lahir di Kota Kudus, Jawa Tengah. Rumah kediaman orang tuanya di Desa Dema’an, Kudus, Jawa Tengah.

Habib Ja’far dikenal dengan kebiasaannya yang aneh, yaitu membuang uang ke laut dengan jumlah yang tidak sedikit, seperti puluhan juta, ratusan juta, hingga miliyaran.

Ia dikenal dengan penampilan yang nyentrik dengan rambut gondrong, memakai kemeja, celana bahan, sandal jepit, dan kopiah hitam. Kuku jarinya tangannya juga dibiarkan panjang.

Dirinya merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh di kalangan para ulama. Ia dikenal dengan beberapa kejaiban. Seperti saat Wakil Presiden Ma’ruf Amin pernah mengunjungi Habib Ja’far saat sedang kunjungan ke Semarang, Jawa Tengah pada masa kampanye Pilpres 2019 lalu.

Pada kesempatannya itu, Habib Ja’far mendoakan pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin dapat memenangkan pemilihan umum presiden 2019 dan melanjutkan kepemimpinan nasional selama lima tahun ke depan.

Kini, sosok ulama karimastik tersebut telah meninggal dunia, dirinya dikabarkan wafat pada Jumat sore, 1 Januari 2021. Jenazah Habib Ja’far tersebut diterbangkan dari RS. Tentara Samarinda, Kalimantan Timur ke Semarang, Jawa Tengah untuk dimakamkan di Kudus, Jawa Tengah.

Sebelumnya kabar wafatnya Habib Ja’far disampaikan oleh akun Instagram @ulamagaleri.

“Telang Pulang Ke Rahmatullah Habib Ja'far Al Kaf. Kami atas nama khodim Ulama Galeri mengucapkan Belasungkawa Sedalam dalamnya. Al Fatihah....” ujarnya pada Jumat, 1 Januari 2021. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Baca juga:

Berita terkait
Profil Aa Gym, Kabar Terkini Talak 3 Istri dan Virus Corona
Kabar terkini Aa Gym yang menjatuhkan talak tiga kepada istri pertamanya Ninih Muthmainah kembali ramai di media massa. Profil lengkap Aa Gym.
Profil Teten Masduki, Menteri Gagal yang Tidak Direshuffle
Pakar menilai Teten Masduki menjadi salah satu menteri Jokowi yang gagal dalam melaksanakan tugasnya. Namun, mengapa ia tidak terkena reshuffle.
Habibie Undang Tokoh-tokoh Kharismatik, Ada Apa?
Presiden ke-3 RI BJ Habibie menggelar pertemuan bersama sejumlah tokoh yang tergabung dalam Gerakan Suluh Kebangsaan.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.